Update Corona di Jabar: 2.211 Positif dan 592 Sembuh

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 22:04 WIB
Poster
Ilustrasi penanganan pasien Corona. (ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung -

Jumlah kasus positif COVID-19 di Jawa Barat bertambah. Begitu pun dengan jumlah pasien yang sembuh dari virus Corona.

Berdasarkan data terbaru yang diunggah di laman Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jawa Barat (Pikobar) pada Jumat (29/5/2020) pukul 20.00 WIB, jumlah kasus positif di Jabar mencapai 2.211 kasus. Jumlah tersebut bertambah sebanyak 74 orang.

Sementara itu, jumlah pasien sembuh juga mengalami kenaikan sebanyak 50 orang. Jumlah saat ini mencapai 592 naik dibanding sebelumnya 542 orang. Untuk kasus meninggal dunia, berdasarkan update terbaru tidak ada penambahan kasus yang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga naik. Jumlah PDP kini berjumlah 8.209 orang. Sementara itu untuk ODP, jumlahnya mencapai 49.387 orang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan berdasarkan hasil analisis, angka reproduksi COVID-19 selama 14 hari berada di angka 1. Bahkan dua hari terakhir angkanya di 0,97.

"Ini menandakan kalau mengikuti standar WHO maka wilayah itu masuk kategori terkendali tentu sementara dan kami harap segera permanen," ucap pria yang akrab disapa Emil ini di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Emil menuturkan angka ODP mengalami penurunan. Hal ini berkaitan dengan penghalauan sejumlah kendaraan pemudik yang dilakukan kepolisian.

"Kemudian laju ODP turun berkat kinerja pak Kapolda yang bisa menahan orang mudik, kita sudah membalikkan pemudik balik dari Jawa Tengah belasan ribu kendaraan dan juga membantu orang tidak kembali ke Jakarta," tuturnya.

"Kemudian, pasien positif yang dirawat juga turun, PDP turun, ini adalah prestasi para dokter dan tenaga kesehatan di Jabar yang berhasil menekan pasien tak perlu ke rumah sakit sudah turun 30,2 persen yang dirawat di ruang isolasi," kata Emil menambahkan.

(dir/bbn)