Jabar Hari Ini: Keluarga Ferdian Paleka Minta Maaf-ASN Mudik Dihukum Berat

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Mei 2020 20:31 WIB
Siapa YouTuber yang kasih makanan sampah ke waria?
YouTuber Ferian Paleka (Foto: Instagram)
Bandung -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi Jawa Barat dilaksanakan hari ini. Sejumlah kendaraan yang melanggar ketentuan pun diputar balik petugas.

Sementara itu, seorang tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Tasikmalaya ditolak Lembaga Pemasyarakatan Kelas Dua B Tasikmalaya. Penyebabnya, tahanan berinisial AM ini diketahui hasil rapid test-nya positif.

Apa saja yang terjadi di Jabar hari ini, berikut ulasannya :

1. Petugas Putar Balikkan Kendaraan Pemudik

Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jabar di Kabupaten Ciamis berlangsung hari ini. Sejumlah titik perbatasan diperketat untuk kendaraan yang masuk Ciamis.

Pada hari pertama ini, sejumlah kendaraan dari wilayah Tasikmalaya dipaksa putar balik. Karena tak ada tujuan yang jelas dan melanggar ketentuan PSBB, sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Salah satunya di Posko Cek Poin Jembatan Cirahong, perbatasan Ciamis-Tasikmalaya. Pantauan detikcom, Rabu (6/5/2020) siang, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat terlihat putar balik kembali ke arah Tasikmalaya setelah diperiksa petugas.

Sementara itu pada hari pertama PSBB Jabar di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sepi kendaraan. Pihak pengelola mengatakan terjadi penurunan drastis kendaraan yang melintas hingga 42 persen.

Manajer Operasional Tol Bocimi, Kirman menduga kondisi itu dipengaruhi juga dengan aturan PSBB yang diberlakukan untuk seluruh Jabar, termasuk penerapan hari ini oleh Kabupaten Sukabumi.

"Dalam kondisi penerapan PSBB di ruas tol Ciawi Sukabumi terjadi penurunan drastis dipengaruhi juga dengan ruas yang terintegrasi dengan tol kami. Lalu lintas sampai saat ini dibandingkan bulan kemarin turun sampai 42 persen," kata Kirman kepada awak media, Rabu (6/5/2020).

Pemeriksaan kendaraan pemudik juga dilakukan di check point Weru, Jalan Otto Iskandar, Kabupaten Cirebon. Pantauan detikcom, puluhan kendaraan, baik roda dua maupun empat diperiksa. Tak hanya memeriksa kesehatan pengendara atau pengemudi, petugas juga memeriksa administrasi kependudukan dan kendaraan.

"Sekitar 70 kendaraan tadi yang kita periksa. Untuk kendaraan yang diputar balik ke arah Jakarta sekitar 10 kendaraan," kata Kapospam Weru AKP Didin kepada awak media, Rabu (6/5/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4