Larangan Mudik, Kapolda Jabar Sebut 33 Ribu Pemudik Putar Balik

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 04 Mei 2020 17:46 WIB
Poster
Ilustrasi PSBB Jawa Barat (Foto: Edi Wahyono)
Cirebon -

Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengecek persiapan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di pintu Tol Palimanan. Rudy memastikan agar segala persiapan PSBB yang dilakukan pada 6 Mei nanti aman.

"Saya memastikan persiapannya yang ada di Cirebon Kota, Kabupaten Cirebon, dan Majalengka," kata Rudy usai mengecek persiapan PSBB di pintu Tol Palimanan, Senin (4/5/2020).

Saat ditanya mengenai jumlah pemudik yang telah dihalau petugas selama penerapan kebijakan larangan mudik, Rudy mengaku telah meminta sekitar 33 ribu pemudik untuk putar balik ke tempat perantauannya. Angka tersebut tercatat dari hari pertama kebijakan larangan mudik hingga hari ini di wilayah hukum Polda Jabar.

"Jadi sudah ada 33 ribu lebih masyarakat yang sudah di kembalikan, putar arah ke tempat awal," kata Rudy.

Rudy mengimbau agar masyarakat disiplin mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Termasuk saat PSBB nanti. Sebab, lanjut Rudy, dampak penerapan PSBB terbilang baik seperti yang terjadi di Bandung Raya dan Bodebek.

"Mudah-mudahan penanganan COVID-19 ini cepat berakhir dan selesai," harapnya.

Dalam kunjungannya di pintu Tol Palimanan, Rudy mengecek sejumlah kendaraan yang melintas. Rudy juga menyosialisasikan tentang penerapan PSBB yang akan dilakukan di Jabar.

(mud/mud)