Jelang PSBB, Jabar Quick Response Luncurkan Gerakan Lumbung Mikro

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 11:33 WIB
Jabar Quick Response
Jabar Quick Response (JQR) meluncurkan gerakan sosial yang fokus pada kegiatan penyediaan dan pembagian bahan pokok saat pandemi Corona. (Foto: istimewa)
Sukabumi -

Menjelang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap pertama di Jawa Barat, Jabar Quick Response (JQR) meluncurkan gerakan sosial yang fokus pada kegiatan penyediaan dan pembagian bahan pokok sebagai langkah bantuan darurat pangan.

Gerakan dinamai lumbung mikro itu memiliki beberapa target atau sasaran di antaranya masyarakat pendatang (tidak ber-KTP setempat) dan tidak terdata sebagai penerima bantuan kompensasi COVID-19 yaitu guru ngaji, pedagang yang berhenti karena dampak Corona, pekerja yang kena PHK dan pelajar serta mahasiswa yang tinggal sementara di mes atau indekos.

Koordinator Program Lumbung Mikro Jabar Tangguh COVID-19 Amin Nurdin mengatakan bantuan yang disalurkan pihaknya tidak bersumber APBD. Seluruh anggaran pergerakannya berasal dari bantuan donatur dan lembaga yang bekerja sama dengan JQR.

"Bank BJB, Rumah Yatim dan Migas Hulu Jabar. Dan kami sangat terbuka bagi siapa pun yang ingin kerja sama dan berkolaborasi dalam menangani dampak sosial-ekonomi dari COVID-19 ini. Untuk prioritas lokasi pelaksananya saat ini meliputi 12 Kota kabupaten yang dinyatakan sebagai zona merah," kata Amin kepada detikcom, Jumat (1/5/2020).

PSBB Jawa Barat Skala Provinsi Diajukan, Ini Alasannya:

Selanjutnya
Halaman
1 2