Jelang PSBB, Jabar Quick Response Luncurkan Gerakan Lumbung Mikro

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 01 Mei 2020 11:33 WIB
Jabar Quick Response
Jabar Quick Response (JQR) meluncurkan gerakan sosial yang fokus pada kegiatan penyediaan dan pembagian bahan pokok saat pandemi Corona. (Foto: istimewa)

Target daerah penyaluran, kata Amin, di antaranya Kota Sukabumi, Kota/Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Depok, Kota/Kabupaten Bekasi, Kota/Kabupaten Bogor, Kabupaten Subang dan Kabupaten Cirebon. "Tahap awal, serentak kita distribusikan sejak kemarin (Kamis 30/4), semua bantuan dikirimkan, total pengiriman 30 ton beras," ucap Amin.

Risris Rizal AP, relawan JQR Sukabumi yang mendapatkan mandat untuk melaksanakan program tersebut, mengatakan gerakan yang dilakukan pihaknya diharapkan bisa memancing para relawan dan dermawan lainnya untuk ikut bergerak. "Memang kita tahu tidak semua bisa menerima atau tidak. Tapi mudah-mudahan apa yang kami berikan ini bisa juga sedikit menggerakkan yang lain untuk ikut membantu, karena wabah ini bisa ditanggulangi dengan kolaborasi dan saling berbagi," tutur Risris.

Untuk Sukabumi, kebutuhan yang akan didistribusikan berupa beras, paket sembako dan perlengkapan lainnya. "Untuk sekarang ini kami telah menerima beras terlebih dahulu sebanyak 2,5 Ton untuk kemudian didistribusikan kepada warga terdampak virus COVID-19," kata Risris.

Data penyaluran program JQR berasal dari dua sumber yaitu pemerintah dalam hal ini lurah atau RT/RW dan berdasarkan data dari relawan langsung. Artinya relawan JQR mencari data dari sumber lain di lapangan.


(sya/bbn)