Round-Up

Vandal 'Kill The Rich', 3 Pemuda Banjar Terinspirasi Film Joker

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 13 Apr 2020 08:56 WIB
Tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar
Tiga pelaku vandalisme di Kota Banjar (Foto: Istimewa).
Kota Banjar -

Polisi menangkap tiga pemuda anggung di Kota Banjar, Jawa Barat. Di tengah situasi pandemi COVID-19 ini mereka melakoni vandalisme provokatif di dinding-dinding kota.

Ketiganya ditangkap polisi dengan tuduhan pidana berlapis yaitu penyebaran berita bohong, penghasutan untuk melakukan kekerasan dan penghinaan terhadap pemerintah melalui aksi vandalisme.

Ketiga pemuda itu diketahui berinisial BHS (20), seorang wiraswasta. Dua lainnya AA (20) dan DMA (20) yang berstatus mahasiswa.

Penangkapan ini bermula dari munculnya coretan-coretan dinding bernada provokatif di Jalan Husen Kartasasmita, Jalan Gudang, Jalan Dewi Sartika dan kantor Desa Jajawar Kota Banjar.

Kalimat-kalimat yang mereka tulis dengan cat semprot tersebut membuat resah. Kalimatnya serupa dengan kelompok gerakan Anarko Sindikalisme. Di antaranya 'Kill The Rich', 'Feed The Poor', 'Corona vs Everybody', 'Pemerintah K*****, Rakyat Kuasa'.

Selain itu mereka juga menuliskan kalimat yang boleh dibilang provokatif namun puitis. Misalnya, 'kami adalah unggun di setiap api itu", 'sebab hitam di matamu itu ialah aku yang lain', 'senyuman adalah ketiadaan' dan kalimat-kalimat lainnya.

"Ketiganya merupakan satu kelompok, sama-sama alumni sebuah sekolah di Banjar," kata Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana saat menggelar jumpa pers virtual, Minggu (12/4).

Selanjutnya
Halaman
1 2