Pandemi Corona

Bagi-bagi Masker di Lembang, Bupati Aa Malah Picu Kerumunan Massa

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 10 Apr 2020 13:39 WIB
Bupati Bandung Barat Aa Umbara bagi-bagi masker
Foto: Bupati Bandung Barat Aa Umbara (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna, membagikan masker untuk masyarakat yang terpaksa tetap beraktivitas di luar ruangan selama pandemi COVID-19.

Jumlah masker yang akan dibagikan orang nomor satu di Bandung Barat itu sebanyak 75 ribu buah. Dari jumlah tersebut sebanyak 12 ribu buah akan diberikan bagi pedagang di sejumlah pasar maupun pedagang pinggir jalan.

Umbara mengatakan, upaya tersebut dilakukan sebagai pencegahan penyebaran COVID-19. Selain masker ia juga menyediakan wastafel portable di pasar dan titik lainnya.

"Pedagang semuanya wajib pakai masker karena memang ada di luar rumah. Kita pasang tempat cuci tangan portabel juga. Hari ini dibagikan 12 ribu masker untuk pedagang," ungkap Umbara saat ditemui di Pasar Panorama Lembang, Jumat (10/4/2020).

Saat membagikan masker di Pasar Panorama Lembang tersebut, terlihat masyarakat dan pedagang pasar berkerumun di sekitar Aa Umbara. Namun ia berdalih telah melakukan pencegahan dengan physical distancing.

"Sebenarnya kita tidak niat mengumpulkan orang banyak. Pembagian masker ini hanya seremonial saja. Cuma memang ternyata orang-orangnya justru berkumpul," katanya.

Umbara juga mengaku belum memikirkan rencana untuk mengikuti daerah lain mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Saat ini, pihaknya hanya mengimbau agar masyarakat menaati aturan pemerintah.

"Tunggu arahan gubernur saja. Kita fokus antisipasi dulu karena tingkat kerawanannya tinggi. Pembatasan jam malam juga sepertinya belum ada, tapi masyarakat sudah sedikit menurut," bebernya.

Raffi Ahmad-Deddy Corbuzier Ikut Gerakan #MaskerKainUntukSemua:

(mso/mso)