BUMD di Jabar Bagikan Ribuan Hand Sanitizer dan Nasi Kotak untuk Tenaga Medis

ADVERTISEMENT

BUMD di Jabar Bagikan Ribuan Hand Sanitizer dan Nasi Kotak untuk Tenaga Medis

Siti Fatimah - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 18:38 WIB
Universitas Indonesia memproduksi hand sanitizer sendiri. Produksi cairan pencuci tangan ini untuk memenuhi pemintaan dari UI, sekolah-sekolah dan RS di tengah wabah corona.
Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Bandung -

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai cara untuk menanggulangi penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Setelah menetapkan pemotongan gaji sementara ASN, kali ini badan usaha milik daerah (BUMD) digerakkan untuk turut serta melakukan aksi pencegahan penyebaran.

PT Jasa dan Kepariwisataan (Jaswita) Jabar bekerja sama dengan Jabar Bergerak mendonasikan 1.750 hand sanitizer kepada masyarakat. "Saat ini barang yang disumbangkan itu sangat langka di pasaran seiring masih mewabahnya COVID-19. Padahal penggunaan hand sanitizer akan membantu pencegahan penyebaran virus Corona," kata Direktur Utama Jaswita Jabar Deni Nurdyana dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (1/4/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan donasi tersebut akan disalurkan oleh Jabar Bergerak yang diketuai langsung oleh istri Gubernur Jabar Atalia Praratya. Komunitas Jabar Bergerak memiliki jaringan di berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat sehingga lebih mudah dan cepat dalam pendistribusiannya.

"Jabar Bergerak juga telah secara langsung diminta oleh Bapak Gubernur Jawa Barat untuk berperan aktif dalam upaya membantu pemerintah Jawa Barat dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona," katanya.


Di sisi lain, BUMD yang memiliki cabang di bidang makanan bernama Sanpedo ini juga memberikan donasi dalam bentuk nasi kotak untuk diberikan kepada tenaga kesehatan dan warga.

"Kami akan maksimalkam produksinya dengan memenuhi standar gizi untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan," kata Deni.

Selain kepada petugas kesehatan, prioritas penyaluran berikutnya adalah para pekerja sektor informal. Deni menilai mereka turut terdampak wabah ini karena aktivitasnya dalam mencari sumber penghidupan terganggu.

"Pekerja sektor informal yang terus berjuang di tengah penyebaran wabah ini harus dibantu agar tetap mendapatkan penghasilan," katanya.


Deni juga mengajak warga Jabar untuk berdonasi dalam paket makanan. Donasi dapat dikirimkan melalui rekening Bank BJB, nomor 0010030233633 atas nama Jasa dan Kepariwisataan PT.

"Ini adalah bentuk kepedulian kita semua. Kami berharap ini bisa meningkatkan rasa persaudaraan dan solidaritas sosial di antara kita," pungkasnya.

(ern/ern)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT