Pabrik Narkoba di Bandung Mampu Cetak 4.000 Pil Sehari

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 24 Feb 2020 15:44 WIB
BNN gerebek pabrik narkoba di Bandung
Foto: BNN sampaikan keterangan pers terkait penggerebekan pabrik narkoba di Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar pabrik rumahan pembuat narkoba jenis pil. Dalam sehari, pabrik itu bisa menghasilkan empat ribu butir pil.

"Satu hari ini bisa mencetak empat ribu butir. Tapi enggak tiap hari dicetak," ucap Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari di lokasi pabrik narkoba di Jalan Cingised, Kelurahan Cisaranten Endah, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Senin (24/2/2020).

Pabrik tersebut digerebek BNN pada Minggu (23/2) kemarin. Berdasarkan hasil pemeriksaan, petugas mendapati ada 3.050 butir pil yang dihasilkan.

Pemeriksaan laboratorium sementara, pil yang dihasilkan itu mengandung tiga tipe narkoba seperti obat keras golongan G, psikotropika dan narkotika golongan 1.

Arman menambahkan pabrik ini memproduksi dan mengemas pil tersebut. Terkait alat pembuatan, petugas menemukan ada dua mesin pencetak pil, oven, alat pengaduk. Sementara bahan baku berupa powder dan cairan kimia.

Namun, Arman belum bisa memastikan dari mana bahan baku didapat untuk membuat pil tersebut.

"Nah ini yang akan kami dalami," ucapnya.

Saat ini pihaknya telah menetapkan lima tersangka. Peran kelima tersangka belum dijelaskan secara rinci. "Ini lima sudah tahanan, tersangka," ujar Arman.

Simak Video "Bongkar Pabrik Narkoba di Bandung, Ini Temuan BNN"

[Gambas:Video 20detik]




(dir/mso)