Polres Cianjur Bentuk Timsus Selidiki Penipuan Wedding Organizer

Ismet Selamet - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 10:39 WIB
Korban penipuan WO lapor ke Polres Cianjur
Korban penipuan WO di Cianjur menunjukan bukti transfer uang dan percakapan dengan pihak WO. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Polres Cianjur bentuk tim khusus (Timsus) untuk mendalami kasus jasa penyelenggara pernikahan atau wedding organizer (WO) yang melakukan penipuan terhadap puluhan pasangan pengantin di Cianjur.

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Niki Ramdhany, mengatakan, timsus yang terdiri dari delapan orang petugas dibentuk untuk menindaklanjuti dari para korban WO tersebut.

"Sudah ada dua orang yang melapor, kemungkinan masih banyak korban lainnya. Makanya kami langsung bentuk Timsus untuk mendalami kasus ini," kata Niki saat ditemui di Mapolres Cianjur di Jalan Kh Abdullah bin Nuh, Senin (17/2/2020).

Menurutnya, dari keterangan dua korban, mereka mengaku dirugikan secara materil hingga puluhan juta rupiah. Selain itu momen resepsi pernikahan mereka pun menjadi tidak sesuai dengan uang diharapkan.

"Untuk korban pertama kerugiannya Rp 30 juta dan korban lainnya mencapai Rp 50 juta. Baru itu yang laporan," kata Niki.

Dengan laporan tersebut, lanjut Niki, Timsus akan segera mencari identitas pelaku dan melacak keberadaannya. "Kami masih dalami, kami targetkan dalam waktu dekat sudah terungkap dan pelaku bisa tertangkap," ucap Niki.

Diberitakan sebelumnya, Tergiur dengan iming-iming paket resepsi murah dengan banyak diskon, puluhan pasangan nikah di Cianjur tertipu jasa WO. Total kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Sejumlah korban penipuan jasa penyelenggara pun mendatangi Polres Cianjur, Minggu (16/2) malam. Para korban mulai melaporkan kasus penipuan tersebut.

Simak Video "Tips Memilih Wedding Organizer"

[Gambas:Video 20detik]

(bbn/bbn)