Wabah Corona, Imigrasi Bandung Beri Izin Tinggal Khusus ke WN China

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 12:02 WIB
Kantor Imigrasi Bandung
Kantor Imigrasi Bandung (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Kantor Imigrasi Bandung menyiapkan izin perpanjangan tinggal khusus bagi warga negara China yang tengah berada di Bandung. Hal ini berkaitan dengan merebaknya virus Corona.

"Ya memang kami sudah mendapat edaran dari Kepala Dirjen (Imigrasi Kemenkum HAM) mengenai antisipasi. Artinya warga China yang berada di sini akan mendapat perpanjangan khusus," ucap Kepala Kantor Imigrasi Bandung Uray Avian kepada detikcom, Kamis (13/1/2020).

Uray mengatakan pemberian perpanjangan khusus ini juga sekaligus karena penerbangan dari dan ke China ditutup sementara menyusul wabah Corona. Sehingga, mau tidak mau, warga China yang bekerja atau sedang berwisata ke Bandung harus memperpanjang izin tinggalnya.

"Ya ini juga mengenai penutupan penerbangan dari dan ke China," katanya.

Untuk teknis pengajuan izin perpanjangan tinggal, kata Uray, hal itu dilakukan sama seperti biasanya. Sponsor atau WN China tinggal datang ke kantor Imigrasi dan melengkapi beberapa persyaratan.

"Dia cukup datang ke kami. Nanti kami perpanjang. Hanya saja ada dua proses yang dihilangkan yakni pengambilan sidik jari sama biometriknya dihilangkan karena menghindari kontak langsung kan. Tapi tetap kami berikan izin tinggal," tuturnya.

Pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan izin perpanjangan khusus ini diberikan kepada WN China. Namun yang pasti, pemberian perpanjangan izin tinggal khusus sudah berlaku sejak bulan ini.

"Belum ada sampai kapannya, sambil melihat situasi di China seperti apa, mereka juga warga China mau pulang juga takut kan, karena wabah itu. Akhirnya mereka stay dulu di sini," ujar Uray.

Simak Video "Peneliti Indonesia Bersiap Kembangkan Vaksin Virus Corona COVID-19"

[Gambas:Video 20detik]

(dir/mso)