Polda Jabar Siap Turun Tangan Telusuri Netizen Penghina Risma

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sabtu, 01 Feb 2020 14:51 WIB
Sebuah akun Facebook dilaporkan telah menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Seperti apa sih postingan akun tersebut?
Netizen menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (Foto: Istimewa)
Bandung -

Netizen penghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terdeteksi di Jawa Barat. Polda Jabar siap membantu mencari pelaku.

"Laporannya ke Polrestabes Surabaya, locusnya di Surabaya. Tapi bila ada permintaan dari Polrestabes Surabaya, ya kita bantu," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dihubungi, Sabtu (1/2/2020).

Erlangga menyatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima permintaan bantuan dari Polrestabes Surabaya.

"Belum (permintaan bantuan)," katanya.

Sebuah akun Facebook atas nama Zikria Dzatil dilaporkan oleh sejumlah kelompok warga di Surabaya. Laporan itu didasarkan bukti tangkapan layar yang telah dua kali mengunggah foto Wali Kota Risma yang disertai kalimat hinaan.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melaporkan netizen yang menghina dirinya bukan tanpa alasan. Ia melapor atas desakan dan keresahan masyarakat.

Polisi telah mengantongi keberadaan netizen pemilik akun facebook Zikria Dzatil yang menghina Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Meski tak menyebut lebih detail daerahnya, namun netizen tersebut terpantau berada di luar Surabaya.

"Di luar kota (Surabaya). Ya, di Jawa Barat," beber Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Sudamiran kepada detikcom, Sabtu (1/2/2020).

Saat ini, menurut Sudamiran, pihaknya telah mengidentifikasi akun Facebook yang dilaporkan. Identifikasi itu dimaksudkan untuk pendalaman apakah akun Zikria Dzatil itu adalah nama netizen yang menghina Risma.

Tonton juga 'Risma Dihina Netizen, Puluhan Warga Surabaya Lapor Polisi':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)