Jabar Minim Bioskop

Melihat Pembangunan Gedung Bioskop Baru di Kota Sukabumi

Syahdan Alamsyah - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 13:12 WIB
Pembangunan gedung bioskop baru di Kota Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Sebentar lagi Kota Sukabumi memiliki gedung bioskop baru. Sesuatu yang ditunggu milenial dan penikmat tontonan layar lebar di kota yang dikenal dengan penganan mochi ini.

Adalah PT Sumber Kebajikan Abadi yang berencana membangun bioskop dengan label Moviplex. Menurut Agus Santoso, direktur perusahaan tersebut, Moviplex ialah merek sendiri. Keberadaaannya di Sukabumi merupakan yang pertama di Indonesia.

"Berasal dari riset-riset biasa, di kota mana nih yang belum ada bioskop dan ternyata di Sukabumi belum ada. Keinginan membuat bioskop ini memang berawal dari hobi saya yang memang senang nonton, bisa merasakan lah dengan hobi itu tapi ternyata belum ada tempatnya," kata Agus kepada detikcom, Selasa (14/1).


Rencananya Moviplex dibangun di lahan 3.000 meter persegi dengan luas gedung sekitar 800 meter persegi. Akan ada 3 studio yang berada di dalam gedung tersebut satu studio berisi 188 penonton dengan jam tayang siang sampai malam.

Tidak seperti bioskop kebanyakan yang berada di area pusat perbelanjaan, Agus memilih membangun gedung sendiri. Karena menurutnya dari segi pembangunan dari nol dengan merenovasi (dalam gedung mal) biayanya tidak jauh berbeda.

"Ketentuan setiap brand kan berbeda ada yang pengennya di dalam mal, ada juga yang enggak mau dan pilih bangun sendiri. Tergantung keberanian, kita bangun dari nol. Warga juga mendukung dan kita libatkan, mereka mendukung sangat baik sekali dan berharap segera terealisasi," tutur Agus.


Sejumlah pihak sempat mengkhawatirkan tayangan film nantinya tidak akan serempak karena seolah sudah 'dikuasai' oleh brand-brand besar. Namun Agus menampik hal itu, menurutnya lisensi pemutaran filmnya sudah lengkap dan sangat siap.

"Serempak dengan seluruh bioskop di Indonesia, sama lah apa yang kita tayangkan nanti dengan kota besar dengan brand ternama. Ada film baru apa kita juga tayangkan jelas kita pegang lisensinya," kata Agus menjelaskan.

Moviplex akan resmi dibuka pada pertengahan Februari mendatang. Harga tiketnya pun cukup terjangkau. "Doakan saja, pertengahan Februari kita buka. Harga tiket Rp 25 ribu untuk Senin hingga Kamis, lalu Rp 30 ribu untuk Jumat dan Rp 35 ribu untuk hari libur," ujar Agus. (sya/bbn)