Terungkap! Ini Penyebab Jalan Berasap di Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 14 Jan 2020 12:01 WIB
Jalan berasap di Bandung. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Bandung - Petugas merampungkan pembongkaran jalan berasap di persimpangan Pasteur-Cipaganti, Kota Bandung. Dugaan sementara asap berasal dari material jalan berupa cat pelapis aspal.

Pembongkaran dilakukan UPT Cibeunying Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung pada Selasa (14/1/2020) mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai pukul 10.00 WIB.

Saat proses pembongkaran, asap kembali muncul dengan intensitas kecil dan singkat. Material yang dibongkar terlihat ada tiga lapis mula dari aspal, cat merah dan hitam.


Cat merah pelapis aspal merupakan marka jalan tanda pemberhentian kendaraan bermotor. Cat merah tersebut kemudian dilapisi cat hitam lagi oleh Dinas Perhungungan (Dishub).

"Asap ini awalnya dikira dari jalur kabel, ternyata lapisan cat (di atas aspal)," kata Pelaksana Teknis Pemeliharaan Jalan dan Saluran UPT Cibeunying, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Asep Suryana, di lokasi.


Ia menyebut material cat yang teksturnya menyerupai karet itu mengeluarkan asap karena adanya tekanan dari kendaraan melintas. Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan bahan dari cat tersebut.

"Karet ini kalau ada tekanan, menimbulkan asap saat ditekan. Nah cat ini bahannya apa, Dishub yang tahu," tuturnya.

Pihaknya berencana mengganti aspal yang dibongkar tersebut menggunakan hotmix. "Kita mau ganti pakai hotmix nanti, setelah ini ditambal lagi," ujar Asep.

[Gambas:Video 20detik]

(mud/bbn)