Jalan di Desa Mandalasari Rusak, Pemkab Tasik: Nunggu Giliaran Perbaikan

Deden Rahadian - detikNews
Jumat, 03 Jan 2020 17:07 WIB
Jalan di Desa Mandalasari, Kabupaten Tasikmalaya rusak dan berlubang (Foto: Deden Rahadian/detikcom).
Tasikmalaya - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya angkat bicara terkait rusaknya jalan di Desa Mandalasari. Terbatasnya anggaran menjadi alasan pemerintah belum mampu memperbaiki jalan yang menjadi penghubung tiga desa tersebut.

Kepala Bidang Jalan, Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Tasikmalaya Atep Dadi Sumardi mengakui masih ada ruas jalan di wilayahnya dalam kondisi rusak. Dari total ruas jalan milik kabupaten sepanjang 1.303 kilometer baru sekitar 68 persen saja yang sudah diperbaiki.

Dia mengungkapkan, setiap tahun pihaknya menyiapkan anggaran sekitar Rp130 miliar untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan. Dengan anggaran sebanyak itu pihaknya baru mampu membangun 30-40 kilometer jalan pertahun. Sementara total ruas jalan yang rusak di Kabupaten Tasikmalaya mencapai 400-500 kilometer.

Selama ini pihaknya juga selalu mengandalkan bantuan keuangan dari Pemprov Jabar dan pemerintah pusat melalui dana alokasi umun dan dana alokasi khusus untuk membangun dan memperbaiki jalan.

"Panjang jalan 1.303 kilometer di Kabupaten Tasikmalaya, kemudian 68 persen masih pemantapan jalan jadi 30 persen lebih rusak. Jadi dari 1.303 kilometer kurang lebih 400 sampai 500 kilometer rusak. Kondisi anggaran terbatas hanya Bankeu, Banprov, DAK dan DAU yang digunakan membangun dan memperbaiki jalan. Jadi Setiap tahun hanya 30 sampai 40 kilometer saja," ungkap Atep, Jumat (3/1/2020).


Tonton juga PBNU Beri Pengobatan Gratis dan Makanan untuk Korban Banjir :


Selanjutnya
Halaman
1 2