Bupati Cirebon Bakal Cari Solusi Limbah dan Sampah di Sungai 'Pink'

Sudirman Wamad - detikNews
Jumat, 29 Nov 2019 18:59 WIB
Warna air Sungai Ciberes Cirebon berubah warna jadi merah muda atau pink. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Air Sungai Ciberes yang di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, berubah menjadi merah muda atau pink. Kondisi tersebut diakibatkan tercemar limbah organik.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengaku prihatin dengan hal itu. Imron menegaskan akan mengambil langkah-langkah terkait penanganan pencemaran lingkungan.

"Nanti akan kita panggil Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kemudian, kita juga akan teliti secara detail faktor penyebab pencemaran lingkungannya itu apa," kata Imron di Pemkab Cirebon, Jumat (29/11/2019).


Imron mengatakan, akan mencari solusi terkait pencemaran lingkungan di Sungai Ciberes, termasuk soal sampah. Sebab ia prihatin dengan kondisi sampah yang berserakan di aliran dan pinggiran sungai.

"Nanti kita akan cari solusi. Pengolahan sampahnya nanti bagaimana, kemudian meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pengolahan sampah," kata Imron.


Sebelumnya, kondisi air Sungai Ciberes yang berwarna pink itu sudah terjadi sejak sepekan lalu. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mendesak Pemkab Cirebon dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung mencari solusi atas pencemaran lingkungan yang terjadi di Sungai Ciberes.

"Sungai Ciberes itu kewenangan BBWS. Nanti kita akan surati dan datangi," kata Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Cirebon Hermanto saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Jumat (29/11/2019).

Selain BBWS, dikatakan Hermanto, Pemkab Cirebon juga harus turun tangan untuk memulihkan kondisi Sungai Ciberes. Menurutnya air Sungai Ciberes yang berubah warna menjadi pink atau merah muda disebabkan karena sampah dan limbah dari produksi pengolahan ikan.


Simak Video "KPK Cegah Dua Saksi Kasus Bupati Cirebon Ke Luar Negeri"

[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)