detikNews
Jumat 22 November 2019, 20:02 WIB

Polisi Segera Limpahkan Kasus Penipuan Bos Akumobil ke Jaksa

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Polisi Segera Limpahkan Kasus Penipuan Bos Akumobil ke Jaksa Dealer Akumobil di Bandung. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Polisi akan segera melimpahkan berkas perkara kasus penipuan mobil murah yang digelar Akumobil ke kejaksaan. Penyidik akan melimpahkan lebih dulu berkas bos Akumobil bernama Bryan John Satya ke jaksa.

"Minggu depan rencana untuk pelimpahan," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M Rifai di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jumat (22/11/2019).


Rifai mengungkapkan Bryan selaku Direktur Utama PT Aku Digital Indonesia atau Akumobil yang berkasnya lebih dahulu diserahkan ke kejaksaan. Sementara empat tersangka lainnya masih dalam tahap penyidikan.

Keempatnya yaitu AY menjabat Direktur Keuangan, RS Direktur Divisi Motor, FR Direktur Operasional Marketing dan MH Direktur Operasional. Mereka ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil pengembangan dan gelar perkara yang dilakukan oleh penyidik Polrestabes Bandung.

"(Berkas) yang Bryan dulu. Sementara yang lain menyusul," kata Rifai.

Soal pasal yang diterapkan, polisi menjerat Bryan dengan Pasal 378 dan atau Pasal 372 tentang Penipuan dan Penggelapan. Polisi juga menjerat Bryan dengan pasal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).


Sekadar diketahui, sejumlah konsumen Akumobil melaporkan dugaan tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh Akumobil. Para konsumen yang membeli mobil murah sekitar Rp 50 juta.

Uang yang sudah dibayarkan, konsumen justru tak mendapatkan mobil. Mereka pun menggeruduk dealer Akumobil di Jalan Sadakeling, Kota Bandung.
(dir/bbn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com