detikNews
Kamis 07 November 2019, 20:02 WIB

Moeldoko Pamer Bibit Padi M70D yang Bisa Panen 4 Kali Setahun

Luthfiana Awaluddin - detikNews
Moeldoko Pamer Bibit Padi M70D yang Bisa Panen 4 Kali Setahun Moeldoko saat panen padi yang berasal dari bibit M70D di Karawang. (Foto: Luthfiana Awaluddin/detikcom)
Karawang - Moeldoko memamerkan produk teranyar ciptaan perusahaan riset pertanian miliknya. Produk itu adalah bibit padi M70D atau Moeldoko 70 Day. Artinya, bibit ini bisa panen empat kali dalam setahun. Lebih sering dari varian padi lainnya.

"Proses pembuatannya berdarah-darah, panjang ceritanya," kata Moeldoko usai meninjau panen raya di Kabupaten Karawang, Kamis (7/11/2019) sore.


Moeldoko mengklaim, bibit tersebut produktif dan paling cepat dipanen saat ini. "Bibit ini bisa dipanen setelah 70 hari, lebih cepat dibanding bibit padi lainnya yang mencapai 100 hari," ujar dia.

Bersama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Moeldoko melihat langsung panen padi M70D di lahan seluas 5 ribu meter di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.


Menurut pria yang juga Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini, M70D bisa menghasilkan 8,8 ton dari satu hektare sawah. Ia juga mengklaim benih padi tahan terhadap hama, rasanya enak dan lebih cepat panen. Melihat berbagai keunggulan itu, Moeldoko yakin jika bibit ciptaan perusahaannya tersebut banyak dipakai maka swasembada pangan bakal cepat diraih.

"Ini upaya intensifikasi yang nyata hasilnya. Rata-rata hasil panen nasional kita kan di antara 5 ton per hektare nih, jadi kalau meningkat seperti ini, menuju swasembada pangan bisa segera tercapai. Bahkan bukan hanya ketahanan pangan, bahkan kedaulatan pangan," ujar Kepala Staf Kepresidanan itu.

Mantan panglima TNI ini menceritakan, bibit M70D itu memerlukan waktu empat tahun riset. Namun baru beberapa bulan ini disebar ke berbagai daerah. "Belum begitu banyak (dipakai) karena varietas ini baru selesai. Saya ingin hasilnya sempurna. Tapi ke depan akan meningkat lagi, karena proses penyilangan tidak pernah berhenti," tuturnya.


Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memuji varietas padi Moeldoko 70 Day. Menurut Syahrul, pemerintah terus mendorong berbagai riset pertanian semacam ini.

"Inilah perkembangan pertanian yang harus kita dorong, kehidupan pertanian lebih bagus," katanya.
(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com