Ini Analisis Polisi soal Penyebab Kemacetan di Bandung

Ini Analisis Polisi soal Penyebab Kemacetan di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 20:57 WIB
Suasana kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. (Foto: Istimewa)
Suasana kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. (Foto: Istimewa)
Bandung - Polisi tak memungkiri Bandung kerap dikepung kemacetan. Salah satu faktor penyebab kemacetan ialah tingginya pertumbuhan kendaraan yang tak berbarengan dengan lebar ruas jalan di Kota Bandung.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan kondisi jalur di Kota Bandung tak banyak mengalami perubahan. Meski dibangun fly over di Pasupati, Kiaracondong hingga Antapani, hal itu tak sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan.

"Kalau mau dilebarkan ke mana lagi, situasinya seperti itu. Dilihat dari interval memang belum banyak perubahan. Kalau peningkatan jumlah kendaraan tiap tahun meningkat," ucap Bayu di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (7/10/2019).


Bayu mengungkapkan pertumbuhan kendaraan di Bandung tiap tahunnya bisa mencapai 10 persen. Bila dibandingkan dengan kondisi jalanan di Bandung, hal itu kurang memadai.

"Bayangkan peningkatannya 10 persen setiap tahun, bisa dibayangkan sudah berapa banyak kendaraan dibandingkan panjang dan lebar jalan, memang sudah tidak memadai. Tetapi kalau lihat kembali bahwa di samping ada kendaraan baru, ada juga kendaraan lama yang nggak dipakai, artinya ada penurunan. Dari sisi kemacetan indikatornya banyak tergantung bagaimana menilai," tutur Bayu.

Menurut Bayu, peningkatan fasilitas angkutan umum memang diperlukan untuk kota sekelas Bandung. Fasilitas angkutan umum yang memadai, kata dia, bisa menyaring pengguna kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum.

"Dengan adanya angkutan umum, berarti penggunaan kendaraan pribadi bisa dikurangi. Tapi kalau angkutan umum tidak memadai, berarti masyarakat pakai kendaraan pribadi, jadi macet. Di samping jalan tidak tambah, kendaraan semakin banyak, apalagi weekend. Contoh di gate tol Pasteur, kalau Jumat, Sabtu atau Minggu, kendaraan yang masuk lebih 60 ribu kendaraan. Artinya 60 ribu kendaraan masuk dengan ruas jalan yang nggak berubah," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3