detikNews
2019/10/07 13:12:08 WIB

Bandung Kota Termacet di Indonesia, DPRD: Pemkot Gagal!

Mochamad Solehudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandung Kota Termacet di Indonesia, DPRD: Pemkot Gagal! Kemacetan lalu lintas di Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - DPRD Kota Bandung meminta pemerintah lebih serius dalam mengatasi masalah kemacetan. Sebab, sejauh ini belum terlihat langkah nyata yang disiapkan Pemkot Bandung agar masalah klasik tersebut terselesaikan.

Sebagaimana diketahui, berdasarkan survei versi Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB), Kota Bandung menempati urutan 14 kota termacet di Asia. Kemacetan Kota Bandung dinilai lebih parah di banding Jakarta yang menempati urutan 17, dan Surabaya di posisi 20.


Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung Rendiana Awangga menyatakan kemacetan memang masih menjadi permasalahan yang paling menjadi sorotan. Bahkan dia menyebut, Pemkot Bandung gagal dalam menyelesaikan masalah kemacetan ini.

"Memang macet merupakan masalah klasik di kota besar dan metropolitan. Tapi apabila berdasarkan indikator yang dikeluarkan ADB, Kota Bandung menjadi termacet di Indonesia, saya dapat menyimpulkan Pemkot Bandung gagal menanggulangi permasalahan yang ada," ucap Awang, sapaannya, saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Menurut dia, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kemacetan. Pertama soal kedisiplinan pengendara, tidak seimbangnya antara volume kendaraan dengan ruas jalan.

"Tapi yang paling utama adalah kurangnya ketersediaan transportasi umum yang baik dan dapat membuat masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum," kata Awang.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com