detikNews
2019/10/04 17:23:05 WIB

Bandung Kota Termacet di Indonesia, Ini Solusi dari Wali Kota Oded

Mochamad Solehudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bandung Kota Termacet di Indonesia, Ini Solusi dari Wali Kota Oded Salah satu potret kemacetan di Kota Bandung. (Foto: Mochamad Solehudin/detikcom)
Bandung - Pemerintah Kota Bandung menyiapkan berbagai langkah untuk mengatasi masalah kemacetan yang kian parah. Penyiapan rekayasa lalu lintas hingga pembangunan infrastruktur menjadi rencana besar untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Kemacetan memang menjadi masalah klasik yang hingga kini belum bisa diselesaikan di Kota Bandung. Berdasarkan hasil survei yang dirilis Bank Pembangunan Asia (ADB), Kota Bandung menempati urutan ke-14 kota termacet di Asia.


Kemudian, bila dilihat dengan kondisi kota-kota di Indonesia, Kota Bandung menempati urutan pertama sebagai kota termacet. Kemacetan Bandung dinilai lebih parah dibanding Jakarta yang menempati urutan 17 dan Surabaya posisi 20.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan, kemacetan adalah masalah klasik di kota-kota metropolitan termasuk Kota Bandung. Tingginya pertumbuhan penduduk dan perekonomian menjadi salah satu penyebabnya.

"Kalau kemacetan saya kira hampir di semua metropolitan pasti macet," ucap Oded saat ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Jumat (4/10/2019).


Oded mengaku banyak menerima keluhan soal kemacetan yang terjadi di sekitar Jalan Jakarta. Tapi hal itu, menurutnya wajar karena saat ini sedang ada proses pembangunan jembatan layang.

"Warga Kota Bandung yang paling banyak ke saya masuk itu Jalan Jakarta. Memang sedang ada pembangunan, wayahna weh macet karena memang sedang pembangunan," katanya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com