detikNews
Jumat 06 September 2019, 14:13 WIB

Truk 'Obesitas' yang Hendak Masuk Cipularang Langsung Ditilang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Truk Obesitas yang Hendak Masuk Cipularang Langsung Ditilang Ilustrasi truk (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bandung - Mencegah terjadinya kecelakaan seperti tabrakan beruntun di Km 91 Tol Cipularang, truk bermuatan material bangunan tak mudah melintas. Polisi dan petugas gabungan siap menilang truk 'obesitas' atau mengangkut material bangunan melebihi beban.

"Sudah dilaksanakan diskusi. Jadi petugas gabungan dari polisi, Dishub dan Jasa Marga akan menindak kendaraan barang pengangkut material," ucap Kapolres Purwakarta AKBP Matrius kepada detikcom, Jumat (6/9/2019).


Penindakan tersebut berupa penilangan terhadap kendaraan-kendaraan pengangkut barang berlebihan. Petugas siap mencegat kendaraan 'obesitas' yang hendak masuk ke jalur Tol Cipularang.

"Penindakannya berupa tilang bagi kendaraan yang diduga melebihi beban angkut. Penindakan bukan di dalam tol, tapi sebelum masuk ke jalur tol," kata Matrius.


Menurut Matrius, upaya ini dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan seperti beberapa waktu lalu. Dalam kecelakaan maut menewaskan delapan orang itu, polisi menyebut truk menjadi penyebab kecelakaan beruntun akibat membawa pasir yang melebihi kapasitas.

Polisi telah menetapkan dua tersangka yaitu Subana dan Dedi. Subana merupakan pengemudi truk yang mengalami rem blong hingga menabrak kendaraan yang berhenti karena ada truk terguling. Dedi, sopir truk yang terguling itu, tewas di lokasi kejadian.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com