detikNews
2019/09/04 18:03:26 WIB

Tewaskan 8 Orang di Cipularang, Sopir Truk: Saya Tak Tahu Berat Muatan

Dian Firmansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tewaskan 8 Orang di Cipularang, Sopir Truk: Saya Tak Tahu Berat Muatan Tersangka Subana (tengah) saat dihadirkan di Mapolres Purwakarta. (Dian Firmansyah/detikcom)
Purwakarta - Overkapasitas muatan disebut polisi menjadi pemicu dua dump truck hilang kendali saat melintas di jalanan menurun Tol Cipularang atau tepatnya di Km 91 arah Jakarta. Akibatnya, insiden tabrakan beruntun melibatkan 20 kendaraan tak terhindarkan. Kecelakaan maut tersebut menewaskan delapan orang.

Subana (40), sopir dump truck pengangkut tanah yang menyeruduk sejumlah mobil di depannya, sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi karena dianggap lalai. Ia selamat, meski terluka dalam peristiwa kecelakaan yang terjadi Senin (2/9) siang itu. Sedangkan rekan Subana, yaitu tersangka Dedi Hidayat (45), sopir yang truknya terguling sebelum tabrakan beruntun, tewas di tempat kejadian.


Kepada polisi, Subana mengatakan tanah yang diangkutnya itu berangkat dari Bandung untuk diantarkan ke Karawang. Masing-masing truk dikemudikan Subana dan Dedi membawa tanah seberat 37 ton. Polisi menjelaskan idealnya truk itu mengangkut beban 12 ton.

"Masalah berat muatan saya tidak tahu. Saya hanya bawa mobil saja dari Bandung dengan tujuan ke Karawang," ucap Subana di Mapolres Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (4/9/2019).
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com