detikNews
Selasa 27 Agustus 2019, 12:49 WIB

Pemprov Jabar Buka Beasiswa Total Rp 50 M Untuk 1.312 Mahasiswa

Mukhlis Dinillah - detikNews
Pemprov Jabar Buka Beasiswa Total Rp 50 M Untuk 1.312 Mahasiswa Gedung Sate, Kota Bandung. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Bandung - Program beasiswa Jabar Future Leader (JFL) resmi dibuka 26 Agustus hingga 8 September 2019. Beasiswa untuk program S1, S2 dan S3 ini dibagi menjadi dua jalur yaitu prestasi akademik dan non akademik.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Dewi Sartika mengatakan, setiap mahasiswa nantinya menerima manfaat bantuan biaya pendidikan, pembinaan dan pendampingan.

"Yang S1 itu dapat pembiayaan full, jadi 4 tahun mereka dibiayai sekolahnya ada juga living cost. Kalau S2 hanya biaya pendidikan dan yang S3 juga sama, itu bantuan sifatnya," kata Dewi saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (27/8/2019).


Ia menuturkan, kuota penerima beasiswa prestasi akademis yakni sebanyak 1.312 mahasiswa. Untuk beasiswa pendidikan penuh jenjang S1 sebanyak 705 mahasiswa, beasiswa pendidikan penuh jenjang S2 sebanyak 157 mahasiswa. Sedangkan beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, 50 mahasiswa dan beasiswa percepatan akses pendidikan tinggi jenjang S1 sebanyak 400 mahasiswa.

Sedangkan kuota penerima beasiswa prestasi non akademis, sebanyak 385 mahasiswa yang terbagi menjadi 4 jenis yaitu mahasiswa prestasi keagamaan jenjang S1 sebanyak 135 mahasiswa, beasiswa keolahragaan sebanyak 85 mahasiswa, prestasi kesenian 85 mahasiswa dan prestasi keorganisasian 85 mahasiswa.

"Untuk tahap sekarang anggarannya Rp 50 miliar. Nanti kan akan ada beasiswa setiap tahun, nah untuk tahun 2019 ini jumlahnya Rp 50 miliar," ucapnya.


Menurutnya Pemprov Jabar bekerja sama dengan 10 universitas ternama untuk program beasiswa JFL ini. Di antaranya Intsitut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Telkom dan Universitas Parahyangan dan Universitas Presiden.

Khusus untuk beasiswa bantuan biaya pendidikan jenjang S3, ada satu tambahan universitas yang bisa mengikuti. Kategori beasiswa tersebut yakni mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

"Sedangkan bagi beasiswa jenis percepatan akses pendidikan jenjang S1 bisa diikuti oleh mahasiswa dari 98 universitas yang ada di Jabar. Adapun lama program beasiswa jenis percepatan akses pendidikan jenjang S1 satu tahun," ujar Dewi.


Dewi mengatakan, setelah melalui proses pendaftaran akan dilakukan seleksi berkas oleh sistem pada 9 sampai 15 September 2019. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi oleh perguruan tinggi pada 16 September hingga 4 Oktober 2019.

"Selanjutnya seleksi oleh Pemprov pada 7 hingga 18 Oktober 2019. Setelah proses seleksi dilakukan, penerima beasiswa akan diumumkan pada 21 Oktober 2019," ujar Dewi.

Syarat pendaftaran beasiswa JFL 2019 ini dapat dilakukan di laman resmi Disdik Jabar beasiswa-jfl.disdik.jabarprov.go.id.
(mud/tro)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com