detikNews
Jumat 16 Agustus 2019, 12:42 WIB

Sebar Hoaks Aiptu Erwin Meninggal usai Terbakar, Polisi: Ada Sanksi!

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sebar Hoaks Aiptu Erwin Meninggal usai Terbakar, Polisi: Ada Sanksi! Foto: Dony Indra Ramadhan
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Bandung - Polisi menegaskan pesan berantai yang menyebut Aiptu Erwin meninggal dunia akibat terbakar saat amankan demo di Cianjur hoaks. Polisi bakal menindak bila ada masyarakat yang menyebarkan kabar hoaks tersebut.

"Saya mengimbau dan mengecam ada beberapa hoaks ataupun berita bohong tentang korban anggota Polri ini meninggal dunia, itu tidak benar," ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Jumat (16/8/2019).

Truno menjelaskan sampai saat ini kondisi Aiptu Erwin dan tiga orang anggota polisi lainnya yang ikut jadi korban masih mendapatkan perawatan intensif tim dokter. Terkait kondisinya, kata Truno, mereka perlu mendapatkan perawatan yang intensif.

"Sementara yang jelas keempat anggota kita dalam penanganan medis," kata dia.

Truno meminta masyarakat untuk tidak menyebarkan berita hoaks terkait meninggalnya Aiptu Erwin. Pihaknya mengingatkan ada sanksi bila ditemukan penyebaran berita bohong.

"Tentu ada sanksi tersendiri dalam penyebaran berita bohong. Artinya ini juga dapat menggangu hal keamanan dan ketertiban, memicu ataupun mempengaruhi untuk berbuat hal-hal yang mengakibatkan perbuatan yang tidak dalam proses berjalan dengan lancar," ucapnya.

Sebuah pesan berantai yang mengabarkan informasi meninggalnya anggota polisi yang terbakar saat mengawal aksi demonstrasi mahasiswa pada Kamis (15/8/2019) tersebar. Pesan itu diterima sejumlah Whatsapp grup dan pemilik aplikasi pesan singkat tersebut.

Isi pesan sebagai berikut ; "Innalillahi wainailahi rojiun telah meninggal anggota dalmas yang di bakar adalah Babinkamtibmas kel bojongherang, semoga segala amal ibadah beliau di terima, diampuni segala dosa2nya dan dalam keadaan husnul khotimah, keluarga yang di tinggalkan di berikan kekuatan dan ketabahan, Aamiin YRA...."
(dir/ern)
FOKUS BERITA: Polisi Terbakar Api Demo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com