ADVERTISEMENT

Pencarian Macan Tutul Berkeliaran di Perkebunan Tasikmalaya Dihentikan

Dadang Hermansyah - detikNews
Sabtu, 03 Agu 2019 09:50 WIB
Macan tutul yang terekam kamera warga berada di area perkebunan. (Foto: DOK.Adeng)
Tasikmala - Setelah melakukan pencarian selama 3 hari, Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Ciamis menghentikan sementara pencarian macan tutul yang muncul di perkebunan warga Kampung Badeung, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Sebelumnya, proses pencarian dilakukan mulai dari penyisiran dan pencarian jejak oleh Bidang KSDA Wilayah III Ciamis dibantu dari Taman Safari Indonesia (TSI) dan pihak terkait lain dibantu masyarakat serta relawan.


Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah III Ciamis Didin Syarifudin mengatakan setelah melakukan pertemuan dengan pihak terkait kelanjutan pencarian akhirnya diputuskan untuk mengakhiri sementara pencarian.

"Karena dengan upaya pencarian dua hari kemarin ke lokasi di sekitar area penemuan macan tutul tidak ditemukan, pencarian sementara dihentikan," ujar Didin saat dihubungi, Sabtu (3/8/2019).

Didin menjelaskan, untuk menangkap satwa bernama latin Panthera Pardus ini BKSDA Ciamis telah memasang kandang perangkap dengan umpan hewan ternak. Namun saat pagi hari macan tak masuk perangkap.

"Perkiraan macan tutul sudah jauh bergeser atau kembali ke tempat asal. Setelah dua hari penyisiran dan pemasangan kandang perangkap, satwa tersebut tidak nampak tanda-tanda," ucapnya.


Masyarakat sekitar diharapkan tenang namun tetap waspada. Bila kembali melihat macan tutul tersebut bisa langsung melaporkannya ke pihak terkait.

Sebelumnya diberitakan, seekor macan tutul muncul di perkebunan warga, Kampung Badeung, Desa Gunajaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Penampakan macan tutul bertengger di pohon aren ini menghebohkan warga setempat. Sebab kali pertama ini macan keliaran di permukiman warga. (tro/tro)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT