detikNews
Selasa 16 Juli 2019, 17:13 WIB

Kemenkum HAM: Novanto Ketakutan di Rutan Gunung Sindur

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kemenkum HAM: Novanto Ketakutan di Rutan Gunung Sindur Setya Novanto (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Bandung - Masalah kesehatan menjadi salah satu pertimbangan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jawa Barat untuk 'memulangkan' Setya Novanto dari Rutan Gunung Sindur Bogor ke Lapas Sukamiskin Bandung. Novanto sebelumnya dipindah akibat pelesiran.

"Pertimbangannya karena masalah perubahan perilaku. Yang bersangkutan menyadari kesalahannya, risiko kejahatan yang bersangkutan, lalu yang bersangkutan juga mengidap banyak penyakit komplikasi," ucap Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Jabar Abdul Aris saat dihubungi, Selasa (16/7/2019).


Abdul menambahkan sebelum dipindah kembali ke Lapas Sukamiskin, Novanto sempat curhat ke petugas asesmen. Novanto cerita bahwa dia ketakutan dan tak bisa tidur di rutan super maximum security yang dihuni napi teroris dan bandar narkotik itu.

"Itu kan super maksimum dan selama seminggu, dia ketakutan terus, seperti nggak bisa tidur, takut. Dia cerita ke petugas," tuturnya.

"Pemikiran dia saja kan kelompok dan komunitas beda," kata Abdul menambahkan.

Novanto terpergok pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Akibat ulahnya, Novanto dihukum menghuni Rutan Gunung Sindur. Tercatat hanya satu bulan, Novanto berada di rutan Gunung Sindur.




Simak Juga 'Jawaban Yasonna di Tengah Desakan Mundur':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Cuma Rp 300 Ribu Sewa Bilik Esek-esek di Lapas Sukamiskin"
[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com