detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 16:40 WIB

Dalam 5 Tahun, Ridwan Kamil Minta Setiap Daerah di Jabar Punya KEK

Mukhlis Dinillah - detikNews
Dalam 5 Tahun, Ridwan Kamil Minta Setiap Daerah di Jabar Punya KEK Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom)
Kuningan - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menargetkan setiap pemerintah daerah membentuk minimal satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Menurutnya KEK akan menjadi andalan pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan.

Hal itu disampaikan RK saat memberikan sambutan dalam Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (Kopdar) di Prima Sangkanhurip Resort, Kabupaten Kuningan, Kamis (11/7/2019).


Menurutnya perekonomian di Jabar ke depan tidak hanya mengandalkan industri manufaktur. Sehingga, pihaknya saat ini tengah mendorong lahirnya KEK sektor pariwisata yang menjadi keunggulan di Jabar.

"Jadi ke depan tidak hanya mengandalkan industri manufaktur, karena terlalu rawan ke depan masalah upah. Menurut BI, menjadi penolong ekonomi Jabar itu pariwisata," kata RK dalam sambutannya.

Ia menuturkan sejauh ini sudah ada enam KEK yang tengah berproses. Di antaranya Pangandaran, Cikidang (Sukabumi), Jatiluhur (Purwakarta), Jatigede (Sumedang), Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati).


Lebih lanjut dia menjelaskan untuk menjadi KEK, pemda harus menyiapkan lahan seluas 200 hektar. Pengajuan KEK ini harus dilakukan oleh pihak swasta.

"Tapi baru dua daerah yang presentasi, Pangandaran dan Sukabumi. Sisanya masih proses. Orientasi bisnisnya ekspor, jadi dibebaskan pajak ekspor impor nanti," tutur dia.

Ia berharap Pemda bisa mengupayakan memiliki minimal satu KEK. Dengan begitu, ia yakin perekonomian Jabar akan mengalami lompatan besar di masa datang.

"KEK kalau berhasil ekonomi melompat jadi 9 persen. Pokoknya satu daerah minimal satu KEK, putuskan industrinya mau apa. Tolong dalam 5 tahun ini wujudkan," ujar RK.

Simak Video "Ridwan Kamil soal Wacana Pembentukan Bogor Raya: Bukan Urgensi"
[Gambas:Video 20detik]

(mud/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com