detikNews
Senin 08 Juli 2019, 12:23 WIB

Nenek Pencuri 2 Karung Beras Diduga Kerap Beraksi di Cirebon

Sudirman Wamad - detikNews
Nenek Pencuri 2 Karung Beras Diduga Kerap Beraksi di Cirebon Nenek pencuri 2 karung beras saat diamankan oleh warga. (Foto: tangkapan layar media sosial)
Cirebon - Ulah nenek pencuri 2 karung beras di Pasar Celancang, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jabar mencuri perhatian warganet. Suara warganet terbelah. Sebagian iba karena melihat kondisi sang nenek, lainnya tetap tak membenarkan aksi pencurian.

Video yang beredar di media sosial (medsos) mempertontonkan nenek pencuri beras itu tertangkap dan diintimidasi sejumlah warga yang berada di sekitar lokasi kejadian. Kondisi tangan nenek itu diikat ke belakang dengan wajah pilu. Pada akhir video tersebut ada seorang warga yang menginjak kaki nenek. Tampak wajah nenek itu pun meringis kesakitan.


Usut punya usut, rupanya nenek tersebut diduga sering mencuri barang-barang milik pedagang Pasar Celancang Cirebon. Pemilik toko sembako yang menjadi korban pencurian, Khaerudin masih tak menyangka dengan ulah nenek pencuri beras.

Menurut informasi yang didapatkan Khaerudin, warga sekitar mengaku sudah mengenali nenek pencuri beras. Sang nenek diketahui kerap mencuri barang-barang milik pedagang Pasar Celancang.

"Iya itu memang modus. Kata orang-orang pasar memang dia (pelaku) itu sering, modusnya begitu. Orang tua yang disuruh mencuri, ada juga yang dilepas karena orangnya tua, ya kasihan," kata Khaerudin kepada detikcom, Senin (8/7/3019).


Khaerduin mengaku ikhlas memaafkan pelaku. Kendati pelaku diketahui sering mencuri. "Saya tidak mau menambah dosa karena masalah ini. Saya kasihan, saya maafkan. Ya enggak tega karena orang tua," ucapnya.

Khaerudin mengaku hanya berniat melindungi nenek tersebut dari amukan massa. Jangan sampai terjadi hal-hal yang di luar dugaannya. "Yang namanya pasar itu kan banyak orang. Saya khawatir, punten-punten (maaf-maaf) nih ya kan ada banyak massa. Saya kasihan, orangnya sudah uzur juga," ucapnya.

Simak Video "Rekaman CCTV Aksi Nenek Curi Beras di Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]

(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com