detikNews
Kamis 30 Mei 2019, 09:42 WIB

H-6 Lebaran, Jalur Alternatif Bandung-Cimahi Mulai Diperbaiki

Yudha Maulana - detikNews
H-6 Lebaran, Jalur Alternatif Bandung-Cimahi Mulai Diperbaiki Foto: Yudha Maulana
Cimahi - Jelang arus mudik 2019, sejumlah ruas jalan yang rusak di Kota Cimahi mulai diperbaiki. Salah satunya ruas jalan Mahar Martanegara di Kelurahan Cigugur, Kecamatan Cimahi Tengah.

Jalur tersebut menghubungkan Kota Cimahi dengan Nanjung Kabupaten Bandung dan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Jalur tersebut juga menjadi jalur alternatif menuju Kota Bandung.

Pantauan detikcom, aspal jalan provinsi tersebut tampak terkikis air sehingga menimbulkan banyak lubang. Lapisan yang terkelupas pun cukup dalam sekitar 1-3 centimeter.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Cimahi Wilman Sugiansyah mengatakan pihaknya kini tengah memperbaiki jalur tersebut. "Mudah-mudahan tuntas sebelum lebaran," katanya, Kamis (30/5/2019).

Menurutnya, saat ini baru sekitar 120 meter yang telah "ditambal sulam", menyisakan 200 meter jalan yang harus diperbaiki. "Setidaknya sekarang jalan tak terlalu parah," ucapnya.

Secara keseluruhan seluruh ruas jalan di Cimahi sudah siap dilalui pemudik, termasuk akses jalan keluar Tol Baros. Salah satunya dengan melebarkan jalan di pertigaan Baros Raya, tepatnya di Pusdik Armed dan Wilhelmina. Biasanya di jalur tersebut sering terjadi penyumbatan lalu lintas.

"Jalan Baros allhamdulilah sudah ada pelebaran jalan. Masuk ke jalan Gator Subroto, masuk Jalan Gandawijaya itu merupakan salah satu ruas jalan yang terkena arus mudik," kata. Wilman.

Menurutnya Pemkot Cimahi terus melakukan pemeliharaan jalan-jalan yang memang bakal dilalui para pemudik. "Untuk yang (rusak) ringan sekarang sedang menggenjot (perbaikan) dan beberapa ruas jalan ada pengecatan-pengecatan," katanya.


Simak Juga 'Mudik Lewat Bandung? Waspadai Jalur Ini':

[Gambas:Video 20detik]


(ern/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed