DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 14:53 WIB

ITB Telusuri Mahasiswanya yang Diduga Jadi Joki Tes UM Surabaya

Mukhlis Dinillah - detikNews
ITB Telusuri Mahasiswanya yang Diduga Jadi Joki Tes UM Surabaya Foto: (ITB)
Bandung - Institut Teknologi Bandung (ITB) menelusuri dugaan mahasiswanya menjadi joki ujian masuk Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya. Kampus akan memberikan sanksi pada mahasiswa itu bila terbukti bersalah.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, salah satu joki tersebut merupakan mahasiswa prodi Teknik Elektro berinisial BA (22). Meskipun begitu, pihaknya perlu menelurusi lebih lanjut.

"Iya jadi posisinya karena baru dapat info, kita ngecek betul-betul apakah yang bersangkutan mahasiswa ITB yang terdaftar secara resmi. Kami pada tahap sedang mengklarifikasi," kata Miming saat dihubungi, Rabu (22/5/2019).

Ia mengaku akan mengikuti proses hukum yang berlaku bila mahasiswa terlibat praktik perjokian. Pasalnya praktik tersebut melanggar hukum.

"Tapi kalaupun iya kita serahkan ke pihak berwajib, memproses sesuai aturan berlaku," ungkap dia.

Menurutnya ITB menunggu proses penyelidikan yang dilakukan oleh penegak hukum nantinya. Hal tersebut sebagai dasar kampus untuk menentukan sanksi bagi mahasiswanya.

"ITB akan memproses, di kita ada komisi etik. Ada sanksi akademi teguran sampai DO, kita kaji sampai level mana pelanggarannya," ujar Miming.

Sebelumnya diberitakan, Panitia pelaksana ujian masuk Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya gelombang kedua mengamankan empat joki pada Selasa (21/5) kemarin. Tiga dari empat joki itu diduga berstatus mahasiswa UGM dan ITB.
(mud/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed