detikNews
Kamis 02 Mei 2019, 16:17 WIB

Polisi: Pelaku Vandalisme di Bandung Saat May Day di Bawah Umur

Mochamad Solehudin - detikNews
Polisi: Pelaku Vandalisme di Bandung Saat May Day di Bawah Umur Foto: Mochamad Solehudin
Bandung - Polisi menyebut sebagian besar terduga pelaku vandalisme pada peringatan May Day di Kota Bandung berusia di bawah 17 tahun. Saat ini polisi masih melakukan pendalaman terkait motif dari para pelaku yang terindikasi kelompok anarcho syndicalism.

"(Diduga pelaku) justru yang banyak itu adalah kalangan remaja ya, 17 tahun ke bawah," ucap Kapolrestabes Kota Bandung Kombes Pol Irman Sugema, di Hotel Horison, Kota Bandung, Kamis (2/5/2019).

Irman mengaku, pihaknya belum memastikan pelaku vandalisme dan penyusupan peringatan May Day dari kelompok mana. Hanya saja, berdasarkan informasi yang diterima mereka menamakan diri anarcho.

"Mereka menamakan kelompok tertentu. Anarcho atau apa gitu namanya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, kelompok massa berbaju serba hitam itu telah mengajukan izin untuk melakukan aksi saat peringatan May Day. Saat pengajuan izin mereka menamakan kelompoknya GERAK (Gabungan Elemen Rakyat Anti Kolonial).

"Mereka menamakan (GERAK) itu, tapi mungkin unsur di dalamnya ada kelompok-kelompoknya," ucapnya.

Irman menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap remaja yang terlibat dalam aksi tersebut. "Tim sedang bekerja untuk melakukan proses pemeriksaan lebih lanjut untuk mana-mana nanti yang harus kita dalami," katanya.

"Nanti kita lihat juga tergantung (klasifikasi perbuatan). Mungkin ada yang ikut-ikutan, ada juga yang bermain, sesuai dengan klasifikasi perbuatannya," ujar dia.

Sebelumnya, sejumlah orang diamankan polisi lantaran dianggap mengganggu jalannya May Day 2019 di Kota Bandung. Kelompok berbaju hitam-hitam itu melakukan aksi vandalisme salah satunya di SLB C, Jalan Singaperbangsa.

Kehadiran mereka sempat dibubarkan polisi. Aksi kejar-kejaran juga terjadi. Mereka yang ditangkap langsung digiring ke Mapolrestabes Bandung.
(mso/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed