Pemerintah-Warga Turun Tangan Atasi Sampah di Pantai Pangandaran

Andi Nurroni - detikNews
Jumat, 26 Apr 2019 16:21 WIB
Sejumlah elemen membersihkan sampah di Pantai Timur Pangandaran. (Foto: Andi Nurroni/detikcom)
Pangandaran - Berseraknya sampah di kawasan wisata Pantai Pangandaran mengundang keprihatinan berbagai pihak. Tak tinggal diam, pemerintah dan warga berkolaborasi membersihkan kembali pantai, Jumat (26/4/2019).

Aksi bersih-bersih pantai dilakukan di kawasan Pantai Timur. Pantai ini sebelumnya mendapat 'kiriman' sampah plastik dari sungai dalam jumlah besar.


Lebih kurang 500 orang terlibat dalam aktivitas ini, terdiri dari staf dinas di lingkungan Kabupaten Pangandaran, komunitas-relawan, TNI, Polri serta para pelajar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Surya Darma sangat prihatin atas banyaknya sampah di Pesisir Pangandaran, khususnya kawasan Pantai Timur.

Menurut Surya, kiriman sampah dalam jumlah besar datang usai hujan deras yang mengguyur di daerah aliran sungai, khususnya Sungai Citanduy yang berhulu di Tasikmalaya. Untuk mengatasi kejadian yang sering terulang ini, kata Surya, diperlukan sinergi lintas sektor dan wilayah.

"Di Pangandaran sendiri, kita sedang menyiapkan TPS terpadu. Kita akan olah limbah plastik menjadi bio solar serta mendorong lahirnya bank-bank sampah," kata Surya kepada detikcom.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin mengatakan isu sampah menjadi masalah serius dalam pengelolaan kawasan wisata di Kabupaten Pangandaran.

Salah satu solusi sampah, kata Undang, adalah dengan menerapkan prinsip-prinsip pengembangan wisata berkelanjutan yang melibatkan seluruh pihak.

"Termasuk di dalamnya wisatawan, kami berharap wisatawan juga turun menjaga kebersihan pantai Pangandaran," ujar Undang. (tro/tro)