DetikNews
Selasa 23 April 2019, 14:27 WIB

Abah Aman Huni Semak Belukar, Pemerintah Belum Turunkan Bantuan

Yudha Maulana - detikNews
Abah Aman Huni Semak Belukar, Pemerintah Belum Turunkan Bantuan Kakek sebatang kara huni semak belukar di Bandung Barat. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung Barat - Pemkab Bandung Barat (KBB) akan memeriksa kesehatan jiwa dari Abah Aman (85), pengangkut sampah yang tinggal di semak-semak sebelum nantinya akan diberi bantuan fisik.

Sebelumnya, Abah Aman tinggal beratapkan langit dan beralaskan tanah di pinggiran tol, tepatnya di Kampung Ciloa, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, KBB. Ia hidup sebatang kara di antara semak-semak.

"Ini memerlukan penanganan terpadu, tidak bisa di Dinsos saja. Karena di sini harus ada keterlibatan beberapa SKPD," kata Kabid Rehabilitasi Dinsos KBB Sumarman di ruangannya, Selasa (23/4/2019).
Sumarman mengatakan, pihaknya belum bisa menurunkan bantuan. Sebab saat ini dinas kesehatan KBB masih dalam tahap pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kejiwaan Abah Aman.

Sebab, kata Sumarman, dari laporan pihak desa Abah Aman telah memungut sampah sejak tahun 1973. Kelakuannya pun dinilai ganjil lantaran Abah Aman kerap memungut sampah hanya menggunakan sehelai sarung tanpa baju.

"Kita menunggu aksi dinas kesehatan, kita tunggu hasil pemeriksaan kejiwaannya, apakah termasuk ke dalam kategori ODGJ atau tidak, baru kita tindak lanjut berikutnya," katanya.
Bila dinyatakan sehat, pihak dinsos akan memberikan bantuan baik jaminan kesehatan maupun bantuan lainnya untuk menunjang kehidupan Abah Aman.

"Kalau ada pihak keluarganya akan lebih mudah untuk membantunya, tapi kalau misal tidak ada, kita akan koordinasi dengan pihak desa untuk merawat Abah Aman," ujarnya.

[Gambas:Video 20detik]


(tro/tro)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed