Kapolda Jabar dan Pangdam Siliwangi Minta Warga Sabar Tunggu Pengumuman KPU

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 22 Apr 2019 16:07 WIB
Foto: Dony Indra Ramadhan
Bandung - Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengajak masyarakat merawat keamanan usai Pemilu. Dia meminta masyarakat menyikapi hasil Pemilu dengan menunggu penghitungan resmi dari KPU.

"Kita menunggu pengumuman dari KPU. Saya berpesan kita memang boleh beda pilihan, tapi yang perlu diutamakan merawat keamanan dan kesejahteraan. Karena keamanan dan kesejahteraan mahal," ucap Tri di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (22/4/2019).

Tri lantas mencontohkan beberapa kasus yang pernah terjadi jauh hari sebelumnya. Di mana di suatu daerah ada perbedaan pandangan yang mengakibatkan terjadinya kericuhan.

Pihaknya tak menginginkan kasus tersebut terulang terutama di wilayah Jabar. Sehingga dia meminta agar perbedaan tersebut dihentikan dan mulai membangun kebersamaan kembali.

"Kalau itu terganggu, bukan hanya kita yang menerima dampaknya, anak-anak kita juga merasakan akibatnya. Kita tunggu saja, jangan melotot lagi, harus sejuk lagi," kata Tri.

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto menambahkan proses panjang pemilu harus disikapi dengan baik. Masalah hasil dari pemilu, harus menunggu lembaga resmi KPU.

"Puncak demokrasi sudah dilaksanakan, kita sebagai masyarakat yang patuh hukum diharapkan menunggu institusi yang secara undang-undang diberikan kewenangan menyampaikan yaitu KPU. Kita sama-sama menunggu," kata Agung.

(dir/ern)