Tolak Banding, Wahid Husen Pasrah Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Tolak Banding, Wahid Husen Pasrah Dieksekusi ke Lapas Sukamiskin

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 16 Apr 2019 11:33 WIB
Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen (Foto: Dony Indra Ramdhan/detikcom)
Eks Kalapas Sukamiskin Wahid Husen (Foto: Dony Indra Ramdhan/detikcom)
Bandung - Eks Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Sukamiskin Wahid Husen menolak mengajukan banding vonis 8 tahun bui atas kasus suap yang menjeratnya. Wahid pasrah jika nanti dieksekusi ke Lapas Sukamiskin.

Wahid melalui pengacaranya Firma Uli Silalahi sebelumnya meminta agar KPK tak mengeksekusi Wahid ke Lapas Sukamiskin. Salah satu alasannya terkait faktor psikis Wahid yang sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Sukamiskin.


Namun, sepekan setelah vonis dijatuhi, Wahid mengaku pasrah atas eksekusi KPK. Dia tak menerima bila nantinya KPK tetap mengeksekusi Wahid ke lapas khusus koruptor itu.

"Di Sukamiskin juga nggak apa-apa, dia sudah pasrah," ucap Firma saat dihubungi, Selasa (16/4/2019).

Kendati demikian pihaknya akan tetap mengupayakan agar kliennya itu tak dieksekusi ke Lapas Sukamiskin. Permohonan itu akan dilayangkan melalui surat ke KPK saat eksekusi dilakukan.

"Ketika sudah selesai vonis, akan ada pemberitahuan eksekusi. Nah ketika itulah kita bermohon. Sudah kita siapkan (suratnya)," tuturnya.

"Untuk pelaksanaan putusannya, kita serahkan ke KPK. Kalau disetujui bagaimana untuk di Rutan Bandung," kata Firma menambahkan.


Sebelumnya, Wahid Husen akan mengajukan permintaan eksekusi tidak di Lapas Sukamiskin. Faktor psikologi jadi alasan utama Wahid enggan dieksekusi ke Lapas Sukamiskin.

"(Tidak di Sukamiskin) akan kita sampaikan, pertimbangkan faktor psikologisnya. Kurang tepat kalau dia di Sukamiskin. Karena di situ dia kan mantan pimpinan, nanti dia di-bully segala macam, kan enggak bagus," kata Firma sebelum sidang vonis di Pengadilan Tipikor Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Senin (8/4/2019).


Saksikan juga video 'Menteri Yasonna: Godaan Lapas Sukamiskin Begitu Besar':

[Gambas:Video 20detik]

(dir/bbn)