detikNews
Selasa 19 Maret 2019, 17:52 WIB

Cerita Terdakwa Pengeroyok Haringga Cegah Amukan Bobotoh

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Cerita Terdakwa Pengeroyok Haringga Cegah Amukan Bobotoh Sidang kasus pengeroyokan suporter Persija, Haringga Sirla. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Aditya Anggara (19), salah satu terdakwa Haringga Sirla, mengaku terpaksa ikut menganiaya suporter Persija Jakarta tersebut. Dia berdalih takut turut jadi korban amukan oknum Bobotoh (suporter Persib) lain.

Hal itu diungkapkan Aditya saat diperiksa sebagai terdakwa dalam lanjutan sidang kasus tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (19/3/2019). Pemuda bertubuh kurus ini menceritakan perbuatannya dari awal datang ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) hingga ikut memukul Haringga.


Aditya mengaku datang ke GBLA untuk menyaksikan laga Persib melawan Persija. Saat itu dia datang bersama kekasih dan beberapa orang rekannya. Singkat cerita saat tiba di Stadion GBLA, Aditya terpisah dengan kekasih dan rekannya.

"Waktu itu saya melihat ada yang lagi dikerumunin. Saya samperin ke kerumunan itu ternyata ada yang lagi dipukuli," ucap Aditya yang duduk berjejer dengan terdakwa lain.

Aditya berdalih saat itu sempat berupaya mencegah amukan oknum seratusan Bobotoh yang mengeroyok Haringga. Saat memisahkan, Aditya sempat mengingatkan tentang almarhum Ricko Andrean, salah satu Bobotoh, yang meninggal dikeroyok.

"Ketika saya melerai, sempat berhenti. Tapi di sebelah saya ada yang bilang 'itu jelas Persija' sambil berikan stiker Persija," kata Aditya.


Dia lantas mengambil stiker tersebut. Dia mengaku sempat mengacungkan dan hendak membakar stiker tersebut. Namun pengakuannya, stiker tak dibakar hanya api dari korek gas dia dekatkan.

Aditya yang hanya satu-satunya melerai mengaku sempat 'dipelototi' oleh Bobotoh lain. Ia mengaku khawatir karena takut disangka rekan dari Haringga karena melerai. Akhirnya, dia pun ikut memukul Haringga.

"Saya takut jadi korban salah sasaran. Jadi saya ikut memukul. Saya pukul bagian dada empat kali dan menendang ke bagian punggung dua kali. Saat saya pukul, yang lain juga ikut pukul," tutur Aditya.

Dalam perkara ini, selain Aditya ada enam terdakwa lain. Mereka ialah Goni Abdulrahman (20), Dadang Supriatna (19), Budiman (41), Cepi (20), Joko Susilo (32) dan Aldiansyah (21).



Tonton juga video Sadis! Beginilah Rekonstruksi Pengeroyokan Haringga:

[Gambas:Video 20detik]


(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed