DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 17:56 WIB

Disorot Publik, Ketua TAP Jabar Tri Hanggono Bicara Kewenangannya

Mukhlis Dinillah - detikNews
Disorot Publik, Ketua TAP Jabar Tri Hanggono Bicara Kewenangannya Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Keberadaan Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jabar mendapat sorotan publik. Tim itu dihuni 19 orang yang ditunjuk langsung Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Apa saja kewenangannya?

Ketua TAP Jabar Tri Hanggono mengaku ditugaskan untuk menjembatani implementasi program pembangunan yang dikerjakan organisasi perangkat daerah (OPD). Khususnya dalam hal koordinasi antar OPD.

Menurutnya koordinasi antar OPD menjadi salah hambatan dalam mengakselerasi pembangunan. Sehingga, diharapkan keberadaan TAP bisa 'pelicin' alur koordinasi yang tersendat.

"Kalau mengalami hambatan, pentingnya ada interaksi antar mereka (OPD), masalah yang berat koordinasi, nah kita diharapkan menjembatani itu," kata Tri saat ditemui detikcom di kantor TAP Jabar di Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Kamis (14/3/2019).

Selain bersifat koordinatif, tim yang diisi berbagai pakar juga akan memberikan gagasan dan masukan untuk percepatan pembangunan. Nantinya ide-ide tersebut diterima gubernur untuk disampaikan ke OPD terkait.

Ia menuturkan timnya juga akan turun ke lapangan untuk mengamati pembangunan-pembangunan yang digulirkan Pemprov Jabar. Langkah itu sekaligus mengidentifikasi persoalan di lapangan.

"Kami diminta kalau ada hal gagasan yang bisa didorong apa, tapi tentu kita interaksi dengan berbagai lembaga yang ada. Tetap fungsi eksekusi pada birokasi (OPD) yang ada," ungkap dia.

Tidak hanya itu, TAP juga akan berperan untuk menyingkronkan hubungan Pemprov Jabar dengan Pemerintah Kota dan Kabupaten. Sehingga pembangunan yang melibatkan berbagai wilayah berjalan dengan baik.

"Tantangan berikut untuk mengakselerasi itu, peran kota, kabupaten singkron maka punya program kopdar kita juga diberi tugas mendekatkan itu, melihat permasalah atau potensi daerah," kata Tri.

(mud/err)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed