DetikNews
Selasa 26 Februari 2019, 18:37 WIB

KPU Cianjur Selidiki Kesalahan Input Data TKA China

Syahdan Alamsyah - detikNews
KPU Cianjur Selidiki Kesalahan Input Data TKA China Ketua KPU Kabupaten Cianjur Hilman Wahyudi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
FOKUS BERITA: Heboh TKA Punya e-KTP
Cianjur - KPU Kabupaten Cianjur akan menyelidiki kesalahan input data Nomor Induk Kependudulan (NIK) yang tercatat di dalam e-KTP milik tenaga kerja asing (TKA) asal China. Dalam jumpa pers yang dihadiri Ketua KPU Kabupaten Cianjur Hilman Wahyudi, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah dan perwakilan dari Bawaslu Cianjur ini menegaskan tidak ada WNA yang punya hak pilih di Kabupaten Cianjur.

"Terkait dengan NIK itu kami telusuri dan kami pastikan salah penginputan, untuk ditingkat mana salahnya kami belum bisa pastikan. Apakah di tingkat pusat atau saat Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) karena kenapa? Data yang atas nama Bahar yang mirip dengan NIK WNA itu sudah ada di dalam DPT Pilgub Jabar 2018, sementara NIK atas nama Mr GC terbit tahun 2018 setelah Pilgub," kata Hilman, Selasa (26/2/2019).


Akibat kesalahan input tersebut Bahar tidak terdata dalam DPT. "Pak Bahar tidak terdata dalam DPT dan ini yang kita akan perbaiki," ucapnya

Dia memastikan tidak ada duplikasi antara data yang dimiliki Bahar dengan data WNA China tersebut. Penelusuran salah input akan melibatkan polisi dan Disdukcapil.

"Kita akan telusuri kesalahan inputnya ini dari mana, namun intinya tidak ada satupun WNA di Cianjur yang memiliki hak pilih seperti yang saat ini beredar dan menjadi simpang siur di media sosial. Informasi yang beredar kita pastikan hoaks," tutur Hilman.



Saksikan juga video 'Dikaitkan soal E-KTP TKA, Bahar: Baru Kali Ini Ada Masalah':

[Gambas:Video 20detik]


(sya/bbn)
FOKUS BERITA: Heboh TKA Punya e-KTP
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed