Balada Ruang Kreatif Bak Gedung 'Hantu' di Bandung

Tri Ispranoto - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 15:20 WIB
Gedung Bandung Creative HUB (BCH). (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Bandung - Hampir dua tahun sudah Bandung Creative HUB (BCH) berdiri di pusat Kota Bandung, tepatnya di Jalan Laswi. Gedung yang diresmikan oleh Ridwan Kamil, saat itu menjabat wali kota Bandung, memang sengaja dibuat sebagai wadah kreatif para kawula muda.

Rabu (16/1/2019) siang, detikcom melihat langsung kondisi gedung senilai Rp 40 miliar yang memiliki tembok dengan ornamen warna-warni. Bagian luar gedung masih nampak kokoh. Tapi, jika dilihat lebih dekat cukup banyak kerusakan yang terlihat jelas.


Mulai dari halaman depan yang sudah mulai retak-retak, taman dan air mancur yang tak terawat, kebocoran pipa di bagian parkiran motor, hingga tembok yang mulai kusam bahkan berlumut.

Balada Ruang Kreatif Bak Gedung 'Hantu' di BandungGedung yang isinya terlihat sepi ini berdiri sejak 2017. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
Masuk ke bagian dalam sejumlah fasilitas seperti toilet banyak yang tidak berfungsi dan ditutup. Sepasang lift tidak berfungsi sehingga untuk naik ke lantai enam paling atas harus menggunakan tangga. Bahkan lift tersebut sejak diresmikan jarang difungsikan.

detikcom menyusuri mulai lantai dasar (parkir motor). Di tempat ini parkiran terlihat sepi dan hanya ada beberapa sepeda motor, sementara di lahan parkir mobil hanya terlihat sekitar empat kendaraan. Di lantai selanjutnya terdapat work space yang menjadi tempat para kreator memamerkan karyanya. Tapi lokasi tersebut terkunci dan terlihat kosong.

Kondisi serupa juga terlihat hingga lantai enam yang terdapat aula, studi kriya, studio fesyen, ruang animasi, studio fotografi, studio musik, auditorium, Bandung Design Archive (BDA), co-working space dan perpustakaan, semua tertutup dan dikunci. Bahkan terlihat dari luar pintu kaca, beberapa ruangan berantakan dan kotor seperti tidak terawat.

Balada Ruang Kreatif Bak Gedung 'Hantu' di BandungSuasana ruangan sepi di gedung Bandung Creative HUB (BCH). (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
'Kehidupan' hanya terlihat di lantai satu yang terdapat tempat nongkrong dan kafe. Di tempat ini terlihat beberapa pemuda pemudi berkumpul sambil menikmati kopi dan camilan yang dibeli dari kafe atau mereka bawa sendiri.

"Memang sepi sih. Tapi saya biasa kumpul sama teman-teman di sini. Sayang juga kalau sepi seperti ini," ujar salah seorang pengunjung, Rachel (24).


Rachel menyayangkan gedung sebesar BCH ini sepi. Padahal gedung tersebut dapat menjadi tempat positif sebagai wadah kreativitas pemuda di Kota Bandung.

Hingga Rabu siang kondisi BCH masih tampak sepi dari pengunjung dan tidak ada satu ruangan pun yang terlihat berkegiatan. Kondisi tersebut membuat BCH tak ubahnya seperti gedung' hantu' yang membuat orang enggan berkunjung.

Balada Ruang Kreatif Bak Gedung 'Hantu' di BandungTidak ada aktivitas di gedung ini. (Foto: Tri Ispranoto/detikcom)
(tro/bbn)