DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 18:49 WIB

Polres Cirebon Tangkap Pembunuh Atun

Sudirman Wamad - detikNews
Polres Cirebon Tangkap Pembunuh Atun Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto saat ekspose kasus pembunuhan. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon - Misteri kematian Ruhyatun (37) warga Kota Cirebon yang dibuang di semak-semak Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat akhirnya terkuak. Polisi berhasil meringkus pria berinisial ES (30), pelaku pembunuhan Ruhyatun alias Atun.

Kapolres Cirebon AKBP Suhermanto mengatakan pihaknya berhasil meringkus pelaku di kediamannya di kawasan Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sekitar pukul 20.00 WIB, Selasa (4/12/2018) kemarin. "Kita tangkap pelaku di kediamannya tadi malam," kata Suhermanto saat rilis di Mapolres Cirebon, Jalan Raden Dewi Sartika Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Rabu (5/12/2018).

Suhermanto mengatakan pelaku dan korban memiliki hubungan gelap. Keduanya sudah menjalani asmara sejak satu setengah tahun yang lalu.

"Korban ini punya suami, pelaku sudah punya istri. Ada hubungan perselingkuhan," ucapnya.


Sehari sebelum mayat korban ditemukan, tepatnya pada Jumat (30/11/2018), menurut Suhermanto, pelaku janjian dengan korban untuk ketemuan di Superindo Jalan Kesambi Raya Kota Cirebon. Pelaku menjemput korban menggunakan mobil miliknya. Sementara, motor korban dititipkan di tempat parkir Superindo.

Suhermanto mengatakan dalam perjalanan pelaku sempat meminta kepada korban untuk mengakhiri hubungan gelapnya. Namun, permintaan pelaku ditolak korban. Penolakan korban membuat pelaku amarah pelaku memuncak.

"Korban sempat marah saat pelaku minta putus. Korban juga sempat mengeluarkan kata-kata kasar. Pelaku akhirnya emosi," katanya.


Suhermanto menjelaskan korban dan pelaku pun cekcok di dalam mobil. Saat cekcok, lanjut dia, pelaku langsung memukul korban. Kemudian pelaku mencekik leher korban menggunakan kunci setir.

"Korban dicekik sampai lemas. Untuk memastikan korban meninggal, pelaku menusuk leher korban menggunakan obeng," ujar Suhermanto.

Hasil pemeriksaan, Suhermanto mengatakan kejadian pembunuhan itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Usia membunuh korban, lanjut dia, pelaku mencari tempat yang sepi untuk membuang mayat korban.

"Jenazah korban dibuang di Talun. Paginya ditemukan oleh warga. Ada lima luka tusuk di leher korban. Barang-barang korban juga ada yang hilang," ucapnya.


Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti satu unit mobil yang digunakan pelaku, kunci setir, pakaian yang digunakan korban, ponsel, dompet, dan lainnya.

"Pelaku dijerat pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun penjara," ucap Suhermanto.
(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed