DetikNews
Jumat 16 November 2018, 09:43 WIB

Hari Ini Operasi Cabut Pentil Kota Bandung Bandung Dimulai

Tri Ispranoto - detikNews
Hari Ini Operasi Cabut Pentil Kota Bandung Bandung Dimulai Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Setelah sekitar dua pekan melakukan sosialisasi, Operasi Cabut Pentil (OCP) bagi kendaraan yang melangar aturan parkir mulai hari ini, Jumat (16/11/2018), resmi digelar.

Kegiatan OCP diawali dengan apel gabungan yang digelar di Mapolrestabes Bandung. Apel dipimpin langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial, Kapolrestabes Bandung Kombes Imam Sugema dan Kasdim 0618/BS Kota Bandung Letkol Inf Momon S.

Dalam amanatnya Oded menilai kemacetan adalah masalah klasik yang masih menjadi momok pada jam-jam tertentu di Bandung. Penambahan infrastruktur dan sarana parkir dirasa masih belum bisa membendung jumlah kendaraan yang semakin banyak.

"Dengan seperti itu maka membuat kemacetan semakin parah. Maka parkir sembarangan dan parkir liar harus segera ditertibkan," ujarnya.



Sementara itu Kombes Imam meminta tim yang terdiri dari Dishub, Satpol PP, TNI dan Polri bertindak sesuai SOP. Ia meminta memperlakukan pelanggar tidak seperti pelaku kriminal yakni dengan cara senyum, sapa dan salam (3s).

Terlebih, kata Imam, orang di Kota Bandung tidak hanya warga lokal tapi banyak juga pendatang dan wisatawan. Sehingga diperlukan pola komunikasi jitu agar tidak ada kesalahan yang menimbulkan komplain kemudian hari.

"Segera bentuk tim teknis di lapangan. Kalau melanggar, carikan tempat parkir, arahkan agar pendatang atau wisatawan paham kalau tempat itu tidak boleh parkir. Ini harus disampaikan agar tidak hanya penindakan tapi ada solusi," ucapnya.



Di tempat yang sama Letkol Momon memastikan jajarannya sangat mendukung dan siap membantu menegakkan peraturan baru tersebut. "Kita harapkan sinergitas untuk menyukseskan OCP ini. Harapan kami ini bisa maksimal mengurangi kemacetan," ujarnya.

Sekitar satu jam mengelar apel, pasukan diistirahatkan untuk nantinya memulai OCP yang rencananya akan dipimpin langsung oleh tiga pembina yang memberikan arahan saat apel.
(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed