DetikNews
Jumat 09 November 2018, 12:36 WIB

Wali Kota Oded Akui Belum Terima Surat dari Kemendagri Soal Sekda

Tri Ispranoto - detikNews
Wali Kota Oded Akui Belum Terima Surat dari Kemendagri Soal Sekda Foto: Tri Ispranoto
Bandung - Polemik penetapan Sekda Kota Bandung rupanya masih terus berlanjut. Pemprov Jabar menyatakan Kemendagri tetap meminta Wali Kota Bandung Oded M Danial segera melantik Benny Bachtiar. Namun Oded mengaku belum menerima surat perintah itu.

Ditemui di Pendopo Kota Bandung, Oded mengaku hingga hari ini belum menerima surat balasan dari Kemendagri melalui Pemprov Jabar.

"Saya belum menerima surat sampai hari ini. Tadi saya mengundang Pak Yayan (Kepala BKPP Kota Bandung), bilang belum menerima," ujar Oded, Jumat (11/9/2018).



Disinggung jika isi surat meminta agar Benny segera dilantik, Oded mengaku belum bisa mengomentarinya lebih lanjut. Sebab surat belum diterima olehnya.

"Surat yang sekarang masih di jalan itu adalah jawaban atas surat yang saya layangkan sebelumnya, tapi saya belum menerima dan belum membaca jadi belum bisa komentar," katanya.

Kembali disinggung soal pelantikan Benny, lagi-lagi Oded enggan berkomentar lebih lanjut. Namun ia tetap berharap tetap melantik Ema Sumarna sebagai sekda seperti surat balasannya terdahulu.

"Jangan kalau-kalau dulu, nanti aja saya belum ada suratnya. Harapan saya, apa yang saya inginkan tentu itu bisa terwujud (Ema jadi sekda)," ucapnya.

Sementara soal anggapan Sekda Jabar Iwa Karniwa yang menilai polemik sekda bisa mengganggu jalannya pemerintahan, Oded dengan tegas menampiknya. Sebab hingga saat ini segala sesuatunya berjalan lancar.

"Tidak, tidak pengaruh. APBD murni 2019 tidak masalah, bahkan RPJMD juga sudah beres. Kan ujung-ujungnya saya yang tanda tangan," ujar Oded.



Sebelumnya, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan telah mendapat surat rekomendasi dari Kemendagri dan Komite Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai balasan dari surat yang dilayangkan Oded mengenai penggantian nama Sekda Kota Bandung pada 29 Oktober 2018.

Dalam surat yang diterimanya itu, Iwa menyebutkan, Kemendagri dan KASN tetap memilih Benny Bachtiar dilantik menjadi Sekda Bandung. Hal tersebut sudah dilaporkan kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

"Gubernur beri arahan dan saya sudah menandatangani atas surat kuasa bapak gubernur untuk meminta kepada wali kota Bandung melaksanakan yang sudah rekomendasi tertulis dari Kemendagri maupun dari KASN, itulah yang harus dilaksanakan," kata Iwa di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (7/11/2018).


Saksikan juga video 'Sertijab Walkot Bandung, Ridwan Kamil dan Sepedanya Diarak':

[Gambas:Video 20detik]


(tro/ern)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed