DetikNews
Kamis 16 Agustus 2018, 18:16 WIB

Sebut Muhammad 'Sesat', Evie Effendi Siap Jalani Proses Hukum

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Sebut Muhammad Sesat, Evie Effendi Siap Jalani Proses Hukum Evie Effendi (Foto: Baban Gandapurnama/detikcom)
Bandung - Ustaz Evie Effendi menjalani pemeriksaan atas laporan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jabar terkait viral video ceramah yang menyebut nabi Muhammad 'sesat'. Evie didengar keterangannya sebagai terlapor oleh polisi.

Evie diperiksa di Gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar, Kamis (16/8/2018). Ustaz berpenampilan gaul ini menyampaikan keterangannya di salah satu ruangan gedung tersebut. Proses pemeriksaannya berjalan lebih empat jam .

"Datangnya dari jam sepuluhan tadi, beres menjelang Ashar," ucap salah seorang penyidik.


Pemeriksaan Evie berlangsung tertutup. Bahkan usai menjalani pemeriksaan, Evie pergi lewat pintu keluar lain. Wartawan yang sudah menunggu di depan pintu utama gedung tak melihat Evie keluar dari gedung tersebut.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan kedatangan Evie ke Polda Jabar untuk dimintai keterangan berkaitan laporan IPNU Jabar.

"Iya tadi kita mintai keterangan saja terkait laporan yang kita terima," kata Truno via sambungan telepon.


Pihaknya tak bisa menjelaskan secara rinci terkait pemeriksaan tersebut. Sebab, hal itu termasuk dalam materi pemeriksaan.

Isvan, salah satu pengacara Evie, membenarkan kliennya tersebut diperiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Jabar. Namun, Isvan yang ikut mendampingi, tak bisa menjelaskan secara lengkap terkait pemeriksaan tersebut.

"Saya baru ditunjuk hari ini, diminta tolong. Tadi kebetulan saya lagi sidang, saya datang telat, belum sempat baca BAP. Nanti lah saya baca dulu," kata Isvan kepada detikcom saat dihubungi.

Meski begitu, Isvan menyebut kliennya akan taat pada hukum. Evie, kata Isvan, akan kooperatif kepada penyidik atas kasus yang dia hadapi.

"Evie siap menjalani proses hukum. Tabayun dia. Dia akan kooperatif, buktinya dia datang hari ini," tutur Isvan.
(dir/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed