Polisi Bandung Kawal Kantor KPU Selama Proses Hitung Manual

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 03 Jul 2018 17:34 WIB
Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo (Foto: Baban Gandapurnama-detikcom)
Bandung - Polisi menjamin keamanan proses penghitungan manual Pilkada serentak 2018 yang Berlangsung di kantor KPU. Aparat keamanan dikerahkan guna memastikan penghitungan berlangsung kondusif.

"Tentunya untuk mengantisipasi berbagai hal yang tidak kita inginkan, kita menyiapkan personel untuk menjaga situasi kondusif saat penghitungan manual," ucap Kapolrestabes Bandung Kombes Hendro Pandowo di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa (3/7/2018).


Jumlah kekuatan personel sendiri mencapai 1.000 orang. Jumlah tersebut, kata Hendro, khusus untuk pengamanan di kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, pada 4-6 Juli 2018. Sedangkan pengamanan proses hitung manual di kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, pada 7-8 Juli, pihaknya mengerahkan 450 personel.

"Kita melakukan pengamanan hanya di luar saja. Kita buat tenda. Jadi kalau ada apa-apa kita sudah siap," katanya.

Hendro mengatakan proses penghitungan suara secara manual perlu mendapatkan pengamanan. Sebab, ada ada potensi yang bisa saja mengganggu proses penghitungan secara manual.

"Tentunya kita mengantisipasi segala bentuk kerawanan yang bisa mengganggu proses Pilkada serentak di Kota Bandung," ucap Hendro.

(dir/bbn)