Pilkada Serentak 2018

Petugas TPS Jemput Bola ke 10 Rumah Sakit di Bandung

Mukhlis Dinillah - detikNews
Selasa, 26 Jun 2018 15:24 WIB
Foto: Ilustrasi Pilgub Jabar. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Bandung - KPU Kota Bandung menjamin pelayanan warga memiliki hak pilih pada Pilkada serentak 2018 di Jabar yang tengah terbaring sakit. Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) terdekat akan jemput bola melayani pasien di rumah sakit.

Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok menuturkan tidak menyiapkan TPS khusus di rumah sakit. Namun, sambung dia, penghuni rumah sakit bisa menggunakan hak suaranya melalui TPS mobile terdekat.

"Jadi tidak ada TPS di sana (rumah sakit). Tapi nanti dilayani oleh TPS terdekat, jemput bola," kata Rifqi kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (26/6/2018).


Ia menuturkan ada 10 rumah sakit yang yang akan dilayani yakni RSHS, Al Islam, Immanuel, Santo Yusuf, Santosa, Advent, Borromeus, RSKIA, Muhammadiyah, RSUD Ujungberung.

"Setiap pemilih wajib punya formulir A5 dari TPS sebelumnya atau tempat mereka tinggal. Kalau tidak ada, enggak bisa nyoblos," ucap Rifqi.

Sementara itu, RSHS Bandung menyiapkan dua tempat pemungutan suara (TPS) untuk pasien, penunggu pasien dan karyawan.

"Ada dua TPS 24 dan 31 yang di bawah pengelolaan Kelurahan Pasteur," kata Kasubbag Humas dan Protokoler RSHS Bandung Reny Meisuburriyani saat ditemui di RSHS Bandung.


Ia menuturkan TPS 24 nantinya melayani pemilih dari penunggu pasien dan karyawan RSHS Bandung. Penempatan TPS 24 berada di Gedung Angrek ruangan instalasi rawat jalan RSHS Bandung

Sementara TPS 31 akan memberikan pelayanan mobile ke ruangan pasien saat pemungutan suara pada 27 Juni 2018.

"Setiap pemilih harus memperlihatkan formulir A5 perpindahan pemilihan dari TPS sebelumnya,"ucap Reny.

Pada Rabu 27 Juni 2018, warga Kota Bandung yang telah memiliki hak pilih akan mencoblos di TPS. Warga akan mencoblos untuk Pilwalkot Bandung dan Pilgub Jabar 2018.

(mud/bbn)