DetikNews
Senin 25 Juni 2018, 14:05 WIB

Tingkat Partisipasi Pilkada di Jabar Ditargetkan Capai 70 Persen

Mochamad Solehudin - detikNews
Tingkat Partisipasi Pilkada di Jabar Ditargetkan Capai 70 Persen Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo
Bandung - Pemprov Jabar menargetkan tingkat partisipasi masyarakat di Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

"Sekarang tinggal menjaga untuk tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak Jabar tahun ini bisa meningkat dibanding sebelumnya. Kami targetkan di atas 70 persen," kata Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa, di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (25/6/2018).


Sebagai gambaran, pada Pilgub Jabar 2013 silam tingkat partisipasi masyarakat mencapai 63,18 persen. Diharapkan pada Pilgub Jabar 2018 jumlah angka partisipasi masyarakat menembus 70 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Iwa mewanti-wanti PNS di Jabar agar netral dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. "Bagi ASN tentunya jaga netralitas dan bisa mendorong kepada masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya," ujarnya.

Dia melanjutkan, berdasarkan hasil rapat koordinasi desk Pilkada Jabar seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jabar berjalan aman dan lancar.

"Evaluasinya, alhamdulillah berjalan baik. Insyaallah hari Rabu saat pencoblosan nanti 17 Pilkada di Jabar, 16 kabupaten-kota dan satu provinsi berjalan dengan baik," kata Iwa.


Penjabat (Pj) Gubernur Jabar M Iriawan berharap semua pihak bisa menciptakan situasi kondusif terkait pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jabar yang tinggal beberapa hari lagi. "Jadi, semua harus bisa menahan diri. Saya cinta Jabar. Apabila akan melangkah berpikir panjang," ucapnya.

Iriawan memastikan penyelenggaraan Pilkada serentak di Jabar sudah siap. Keperluan surat suara juga sudah disalurkan KPU.

"Untuk Panwas sudah ke posisi masing-masing. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar semua," ujar Iriawan.
(mso/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed