DetikNews
Sabtu 19 Mei 2018, 11:56 WIB

Insiden #2019GantiPresiden, Sore Ini Sudrajat-Syaikhu ke Bawaslu

Mukhlis Dinillah - detikNews
Insiden #2019GantiPresiden, Sore Ini Sudrajat-Syaikhu ke Bawaslu Foto: ist.
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jabar
Bandung - Pasangan Sudrajat - Ahmad Syaikhu akan memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar terkait insiden pamerkan kaus #2019GantiPresiden, Sabtu (19/5/2018) sore. Paslon nomor urut tiga ini akan memberikan klarifikasi.

Bawaslu Jabar sudah memberikan rekomendasi kepada KPU mengenai pelanggaran administrasi yang dilakukan Sudrajat - Syaikhu saat debat kedua tersebut. KPU tengah mempelajari rekomendasi itu sebelum menjatuhkan sanksi administrasi.

Di sisi lain, tim TB Hasanuddin - Anton Charliyan juga melaporkan Sudrajat - Syaikhu. Namun unsur pidana seperti yang disangkakan tim TB - Anton tidak ditemukan oleh Bawaslu Jabar.


"Iya sore ini, Kang Sudrajat - Syaikhu diundang Bawaslu Jabar untuk memberikan keterangan soal aksi saat debat kedua," kata Ketua Tim Media Sudrajat - Syaikhu, Roni Kusuma lewat pesan singkat, Sabtu (19/5/2018).

Ia mengatakan Sudrajat - Syaikhu akan datang memenuhi panggilan Bawaslu Jabar tersebut. Pasangan yang didukung Gerindra, PKS dan PAN ini juga akan didampingi jajaran tim sukses dan relawan.

"Kang Sudrajat - Syaikhu akan hadir didampingi jajaran timses dan relawan pendukung," ungkap dia.


Berdasarkan surat undangan Bawaslu Jabar, Sudrajat Syaikhu diminta untuk memberikan keterangan di Kantor Bawaslu Jabar, Jalan Turangga, Kota Bandung, sore ini pukul 15.00 WIB.

Sebelumnya, jenis sanksi yang akan dijatuhkan kepada Sudrajat - Syaikhu, Ketua KPU Jabar meminta waktu paling lambat 7 hari setelah diterimanya surat rekomendasi. KPU Jabar akan mempelajari terlebih dulu bobot pelanggarannya.

"Pelanggaran administrasi itu bisa berupa teguran lisan, tertulis sampai pada tidak diperbolehkan ikut debat terakhir (ketiga). Kita lihat dulu bobot pelanggaran administrasinya seperti apa," kata Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat.
(ern/ern)
FOKUS BERITA: Debat Cagub Jabar
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed