detikNews
Senin 07 Mei 2018, 16:58 WIB

Ini Kontrakan Polisi Penikmat Sabu yang Digerebek Polda Jabar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Ini Kontrakan Polisi Penikmat Sabu yang Digerebek Polda Jabar Kontrakan yang dihuni Aipda IS. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Sukabumi - Tim Subdit 1 Ditres Narkoba Polda Jabar menangkap delapan orang oknum personel Polres Sukabumi yang diduga menggelapkan barang bukti sabu. Kabidhumas Polda Jabar AKPB Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut satu tempat yang digerebek ialah kontrakan dihuni Aipda IS yang berlokasi di Gang Sawo, Kampung Cangehgar, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Delapan polisi itu sudah didengar keterangannya oleh Bid Propam Polda Jabar. "Intinya memang benar, sekarang sedang dalam pemeriksaan," kata Truno, Senin (7/5/2018).

Penggerebekan dilakukan personel Ditnarkoba Polda Jabar pada Kamis (3/5), sekitar pukul 00.10 WIB. Selain 'menyisihkan' narkotik hasil sitaan, IS terbukti positif menikmati sabu.



Pantauan detikcom, Senin (7/5/2018) siang, Gang Sawo berada di ruas Jalan Ahmad Yani atau sekitar 500 meter dari kantor Mapolres Sukabumi. Gang sempit itu hanya bisa dilalui satu motor, indekos IS bercat hijau berjejer memanjang dan saling berhadapan dengan kamar penghuni kosan lainnya.

Oknum polisi bertugas di Satresnarkoba Polres Sukabumi tersebut menghuni kamar nomor tiga. Menurut informasi tetangganya di tempat itu IS tinggal bersama istri dan mertuanya.

Lokasi kontrakan yang digerebek personel Polda Jabar.Lokasi kontrakan yang digerebek personel Polda Jabar. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom).
Posisi rumah itu dalam keadaan tertutup rapat. Sejumlah tetangga kontrakan terlihat enggan untuk memberikan keterangan, mereka mempersilahkan awak media untuk mendatangi tempat kerja IS di Mapolres Sukabumi.

"Di tempat ini tinggal istrinya dan mertuanya saja, Pak IS jarang di sini. Kalau mau ketemu langsung saja ke Polres," ucap salah seorang tetangga Aipda IS kepada detikcom.

Di kontrakan inilah tim Ditres Narkoba Polda Jabar menggeledah dan menemukan barbuk sabu. Polisi menyita barbuk 1 paket besar sabu dibungkus plastik klip dibalut lakban coklat dengan berat bruto sekitar 170,67 gram, 1 paket sedang sabu dibungkus plastik klip dengan berat bruto sekitar 8,4 gram, 1 paket kecil dibungkus plastik seberat 0,8 gram dan 2 paket kecil dibungkus plastik klip dibalut tisu lakban warna hitam dengan berat bruto sekitar 2,43 gram.


Anehnya tidak ada warga satupun yang mengetahui penggeledahan tersebut. Dudin Kamaludin (45), tokoh masyarakat setempat, mengaku tidak mengetahui adanya keriuhan di kontrakan tersebut pada Kamis (3/5) lalu.

"Saya enggak dengar apa-apa, padahal rumah saya sangat dekat dengan kontrakan itu. Saya juga enggak ngenalin satu-satu siapa saja yang ngontrak di situ, kalau pemiliknya itu warga Cimaja kalau saya tidak salah," kata Dudin.

Dudin memastikan jika ketua RT setempat tidak mengetahui penggerebekan dan penggeledahan di kontrakan tersebut. "Kemungkinan pak RT juga pasti tidak tahu, karena kalau ada yang begitu (penggerebekan) harusnya kita dilibatkan, tapi ini enggak ada," ucapnya.

"Kalau ada ramai-ramai dari warga pasti datang, ini enggak ada biasanya warga suka lapor kalau ada apa-apa. Saya tetangga paling dekat saja enggak tahu," ujar Dudin.


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com