DetikNews
Kamis 12 April 2018, 15:10 WIB

Napi Pakai Ponsel Peras Wanita Bugil, Bukti Sipir Lalai?

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Napi Pakai Ponsel Peras Wanita Bugil, Bukti Sipir Lalai? Kakanwil Kemenkum HAM Jawa Barat Indro Purwoko (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung - Sejumlah narapidana Lapas Jelekong Kabupaten Bandung leluasa menggunakan ponsel untuk menipu hingga memeras puluhan wanita modus ancam sebar video bugil. Terbukti ponsel kembali bisa masuk secara bebas ke dalam lapas. Bukti sipir lalai?

Kakanwil Kemenkum HAM Jawa Barat Indro Purwoko tidak gamblang menyebut sipir lalai soal aktivitas penggunaan ponsel oleh napi Lapas Jelekong. Secara aturan, dia menegaskan, para napi dalam penjara dilarang menggunakan alat komunikasi.


Indro justru menyoroti mental petugas lapas. "Memang diakui mental petugas kita perlu mendapatkan perhatian sendiri. Sehingga dengan (kejadian) ini mereka bisa terbersih ke depannya," ucap Indro saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, (12/4/2018).

Dengan adanya temuan kasus yang diungkap Polrestabes Bandung ini, sambung Indro, pihaknya langsung bergerak. Indro menginstruksikan Kalapas Jelekong untuk langsung melakukan razia secara masif.

"Solusinya memang melakukan razia. Tapi dengan adanya kejadian ini, frekuensi razia akan lebih ditingkatkan. Supaya bersih dan tidak ada lagi kejadian serupa," ucapnya.



Indro menuturkan upaya 'bersih-bersih' melalui razia ponsel sudah dilakukan secara rutin. Sehingga belum bisa memastikan pihaknya kecolongan dengan adanya kasus ini.

"Upaya kita terkait HP (handphone) ini sudah dilakukan secara rutin maupun berkala. Memang dari hari ke hari dilakukan (razia), tapi besok ada lagi dan lagi (ponsel)," kata Indro.

Dia menyebut penggunaan ponsel di lapas sudah jelas dilarang sesuai aturan tertulis. Namun pihaknya tidak serta merta memutus koneksi antara napi dan keluarganya. Sebagai gantinya, di setiap lapas disediakan wartel khusus yang bisa digunakan oleh napi.

"HP memang dilarang, tapi karena warga binaan juga punya hak, kita ada solusi. Di setiap lapas disediakan wartel khusus yang terkoneksi dengan petugas," tutur Indro.

[Gambas:Video 20detik]


(bbn/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed